WHO Akhirnya Akan Datangi China Telusuri Asal Mula Virus Corona

- 12 Januari 2021, 11:46 WIB
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan tiba di China minggu ini untuk penyelidikan yang telah lama diantisipasi mengenai asal-usul pandemi virus corona.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan dalam pernyataan satu kalimat yakni, para ahli dari WHO itu akan tiba pada Kamis dan bertemu dengan mitra China.

Namun, belum ada informasi jelas apakah para ahli akan melakukan perjalanan ke kota Wuhan di China tengah, tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019.

 Baca Juga: Ramalan Zodiak 13 Januari 2021: Aries, Taurus, dan Gemini, Banyak Peluang Karier dan Keuangan

Sementara itu, negosiasi untuk kunjungan tersebut telah lama dilakukan, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan kekecewaannya pekan lalu atas penundaan tersebut.

Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, bahwa anggota tim ilmiah internasional yang berangkat dari negara asal mereka, telah memulai perjalanan mereka sebagai bagian dari pengaturan antara WHO dan pemerintah China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan China telah menyetujui kunjungan tersebut setelah konsultasi antara kedua belah pihak.

 Baca Juga: Kalibrasi Arah Kiblat di Indonesia Timur, Simak 5 Cara Berikut

Ia juga menyebutnya sebagai kesempatan untuk bertukar pandangan dengan ilmuwan China dan pakar medis tentang kerja sama ilmiah tentang penelusuran asal-usul virus korona baru.

"Seiring dengan perubahan terus menerus dalam situasi epidemi, pengetahuan kami tentang virus semakin dalam, dan lebih banyak kasus awal ditemukan," kata Zhao kepada wartawan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: AP News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X