China Tutup Pintu Impor Limbah, Indonesia Diprediksi akan Kewalahan dan 'Terkubur' Sampah Dunia

- 13 Desember 2020, 20:00 WIB
Ilustrasi sampah.
Ilustrasi sampah. /pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Mulai tahun depan, China dikabarkan akan menutup pintu impor limbah, setelah sebelumnya pada 2018 lalu negeri tirai bambu mengeluarkan kebijakan yang melarang impor 24 jenis limbah termasuk limbah plastik.

Hal tersebut membuat negara pengekspor limbah utama dunia, seperti Amerika Serikat, Australia, dan negara di Eropa akan banting setir ke kawasan Asia Tenggara.

Tiga negara Asia Tenggara yang dituju adalah Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga: 8 Aturan Aneh yang Ada di Kerajaan Inggris, Ratu Bebas Mengemudi Meski Tidak Punya SIM?

Dengan kebijakan ini, tentunya tiga negara, termasuk Indonesia akan kewalahan dengan volume sampah yang diterima dari negara-negara tersebut.

Dan nantinya mulai memberlakukan larangan dan pembatasan atas impor limbah.

Dengan pengumuman terbaru China tentang larangan impor limbah menyeluruh, kekhawatiran telah muncul tentang dampaknya terhadap kawasan Asia Tenggara, yakni kapasitas pengelolaan limbah yang terbatas biasa terjadi.

Baca Juga: Tanggapi Penahanan Habib Rizieq Shihab, Wamenag: Semoga Semua Pihak Mendapat Keadilan

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-bekasi.com dalam artikel, "China Keluarkan Kebijakan Terbaru di 2021, Indonesia Berpotensi 'Terkubur' Sampah Dunia", menurut Novrizal Tahar, direktur pengelolaan limbah padat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pemerintah tidak dapat mengimpor limbah umum dan limbah beracun yang berbahaya dari luar negeri karena undang-undang melarang negara untuk melakukannya.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X