Perintahkan Pasukan Tiongkok Siap Perang, Presiden Xi Jinping: Jangan Takut Mati

- 29 November 2020, 07:06 WIB
Presiden Tiongkok, Xi Jinping. /Instagram @realxijinping


PIKIRAN RAKYAT - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan kepada komandan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) bahwa dua juta personel pasukannya harus berlatih dalam kondisi pertempuran nyata.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Express, dalam pidatonya di depan Komisi Militer Pusat di Beijing, presiden mengatakan kepada pasukan Tiongkok untuk 'tidak takut kesulitan' dan 'tidak takut mati'.

Dia meminta PLA untuk 'meningkatkan rasa kesulitan, memperkuat tanggung jawab misi, dan mempercepat transformasi dan peningkatan pelatihan militer'.

Baca Juga: Ucapkan Selamat pada Joe Biden, Xi Jinping Ingin Hubungan AS-Tiongkok 'Sehat dan Stabil'

Selengkapnya cek YouTube Pikiran Rakyat


Pidato yang menggetarkan itu muncul ketika Tiongkok menghadapi ketegangan yang meningkat dengan AS, Taiwan, saingan Laut China Selatan dan India di perbatasan Himalaya.

Pakar militer yang berbasis di Beijing Zhou Chenming mengatakan pidato Xi Jinping dibuat agar mendorong komandan PLA meningkatkan pelatihan tempur dan membiasakan pasukan militer dengan senjata dan peralatan berteknologi tinggi baru termasuk tank, pesawat terbang, serta kapal perang.

"Tiongkok menghadapi sejumlah tantangan baik di dalam maupun luar negeri - misalnya, situasi di Selat Taiwan, Laut China Selatan, perbatasan dengan India," kata Zhoud.

Baca Juga: Hubungan Masih Panas, Presiden Trump dan Xi Jinping akan Bertemu di KTT APEC secara Virtual

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X