Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 30 ° C

Steve Wozniak Mengaku Sebagai Penemu Pertama Virus Mac

Dede Suhaya
BERBICARA kepada Conan O'Brien minggu ini, pendiri Apple Steve Wozniak mengaku telah menulis 'sesuatu yang bisa menjadi virus' di masa lalu.*
BERBICARA kepada Conan O'Brien minggu ini, pendiri Apple Steve Wozniak mengaku telah menulis 'sesuatu yang bisa menjadi virus' di masa lalu.*
NEW YORK, (PR).- Salah seorang pendiri Apple Steve Wozniak telah keceplosan dalam sebuah wawancara di televisi AS bahwa ia mungkin telah membuat virus yang bisa menyebar di antara komputer Apple Mac.

Berbicara kepada Conan O'Brien minggu ini, saat membahas kasus hukum Apple-FBI yang sedang berlangsung, Wozniak mengaku telah menulis 'sesuatu yang bisa menjadi virus' di masa lalu.

Komentar dari pria berjenggot pendiri teknologi Apple ini menyusul sebuah berita di kalangan pengguna komputer Mac yang terkena serangan ransomware untuk pertama kalinya.

Menawarkan solusi dalam kebuntuan Apple-FBI, Wozniak mengatakan ia memihak Apple pada kasus ini, mengutip hubungan dekat dengan anggota hak asasi manusia dan pendiri kelompok anti-penyadapan Electronic Frontier Foundation.

Namun, ia melanjutkan untuk memberitahu O'Brien bagaimana ia memiliki lebih dari satu kesempatan menulis software yang berpotensi merusak yang bisa menginfeksi kebanggaan dan sukacita para pengguna Macintosh, tetapi menambahkan bahwa ia telah menghancurkannya sebelum digunakan.

"Beberapa kali dalam hidupku saya menulis sesuatu yang bisa saja menjadi virus, yang bisa menyebarkan dirinya pada komputer Macintosh untuk selamanya," kata Wozniak, seperti dikutip Daily Mail, baru-baru ini.

"Dan setiap kali saya melemparkan setiap kode yang kutulis," katanya kepada pembawa acara NBC tersebut.

Wozniak menggambarkan ketakutannya bila membiarkan kode tersebut terlepas dan ancaman itu digunakan orang lain untuk sarana jahat.

Para pengguna Apple kini telah menjadi sasaran hacker selama akhir pekan dalam kampanye pertama melawan komputer-komputer Mac.

Sebuah ransomware, yang disebut KeRanger, adalah perangkat lunak berbahaya yang menargetkan komputer melalui salinan tercemar dari program torrent populer yang dikenal sebagai Transmission.

Malware ini mengenkripsi file sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna sebelum menuntut uang tebusan dari 1 Bitcoin, atau sekitar US$ 400, untuk membukanya. (Dede Suhaya/A-147)***
Bagikan: