Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Cerah berawan, 30 ° C

Buah Jeruk Turunkan Risiko Stroke

Anwar Effendi
PENELITIAN menunjukkan bahwa buah jeruk dan sejenisnya (sitrus) dapat mengurangi risiko stroke.*
PENELITIAN menunjukkan bahwa buah jeruk dan sejenisnya (sitrus) dapat mengurangi risiko stroke.*
JAKARTA, (PRLM).- Kabar baik untuk pecinta jeruk, penelitian menunjukkan bahwa buah ini dan sejenisnya (sitrus) dapat mengurangi risiko stroke. Kunci dari efek ini adalah karena adanya kandungan fitonutrien jeruk yang disebut hesperidin.
 
Zat nutrisi mikro ini mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Hal ini telah ditemukan para peneliti melalui mesin fluxometer doppler, yang dapat mengukur aliran darah melalui kulit dengan menggunakan sinar laser.
 
Ketika tubuh seseorang dihubungkan ke mesin ini dan diberi larutan yang mengandung jumlah hesperidin dari dua cangkir jus jeruk, maka akan terlihat tekanan darah menurun dan aliran darah secara keseluruhan meningkat.
 
Para wanita dalam eksperimen tersebut meminum larutan dengan kandungan fitonutrien jeruk murni. Sementara kelompok wanita lain diberi minuman placebo dengan perasa jeruk. Kemudian ditemukan kelompok wanita yang mengonsumsi minuman jeruk murni, aliran darahnya tetap stabil.
 
Sementara, peminum plasebo merasakan suhu tubuh mereka semakin dingin atau turun. Hal ini terjadi karena aliran darah menurun sedikit demi sedikit. Bahkan suhu ujung jari mereka turun hingga hampir 13 derajat celcius selama penelitian.
 
Setelah itu, para peneliti meminta dua kelompok tersebut untuk merendam tangan mereka ke dalam air es, hasilnya mereka yang mengonsumsi jeruk murni 50 persen lebih cepat pulih ketimbang mereka yang mengonsumsi meinuman plasebo rasa jeruk. Demikian seperti dilansir dari Dailymail.(okz/A-147)***
 
 
 
 
Bagikan: