Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Tomat dan Kacang Polong Pertama Berhasil Dipanen dari "Pertanian Mars"

Dede Suhaya
TOMAT berhasil ditumbuhkan di "tanah Mars dan Bulan".*
TOMAT berhasil ditumbuhkan di "tanah Mars dan Bulan".*
WAGENINGEN, (PRLM).- Para peneliti di Belanda berhasil memanen tanaman eksperimentalnya. Tim dari Wageningen University & Research Centre telah menumbuhkan sepuluh spesies tanaman menggunakan simulasi tanah Mars dan Bulan.

Tanaman yang mereka panen mungkin bisa dikonsumsi, namun para peneliti menyimpannya sebagai 'makanan Mars' sampai mereka benar-benar yakin makanan ini bebas dari logam berat beracun dari tanah.

Dalam eksperimen terbaru ini, tim berhasil memanen tomat, kacang polong, gandum, selada roket, lobak, dan lepidium sativum.

Sepuluh tanaman yang ditanam para peneliti juga termasuk daun bawang, bayam, kinoa, dan lokio, dan kompos pot digunakan sebagai kontrol.

Para peneliti melakukan eksperimen tersebut dalam upayanya untuk mengatur dasar-dasar pertumbuhan tanaman untuk pemukim pertama di Mars dan di Bulan.

Tanah simulasi Mars dan Bulan untuk menumbuhkan sayuran tersebut disediakan oleh NASA, yang diambil dari gunung berapi di Hawaii dan dari gurun Arizona.

"Total biomassa tanah yang dihasilkan dari simulan tanah Mars tidak berbeda secara signifikan dari kompos pot yang kita digunakan sebagai kontrol," kata peneliti Dr Wieger Wamelink.

"Kami menggunakan nampan bukan pot-pot kecil dan menambahkan bahan organik (potongan rumput segar) pada tanah simulan Mars dan Bulan," tambahnya, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (9/3/2016). (Dede Suhaya/A-147)***
Bagikan: