Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 30.1 ° C

Tiga Sayuran Segar Sahabat Mata

Anwar Effendi
JAKARTA, (PRLM).- Saat ini ancaman penyakit mata dapat menghantui Anda, apalagi kalau sudah mengarah pada kebutaan. Maka di usia produktif, Anda harus segera mencegahnya dengan cara mengatur pola makan yang dibutuhkan oleh mata.
 
Contohnya yaitu dengan tiga sayuran segar berikut ini. Lebih lanjut, simak ulasan manfaatnya yang telah dikutip Boldsky, Selasa (23/2/2016).
 
Wortel
 
Wortel sejak dulu dikenal sebagai vitamin alami yang menyehatkan mata. Sayuran ini kaya vitamin A, beta karoten, dan antioksidan. Nutrisi itu akan membantu Anda mengurangi risiko menderita degenerasi makula dan katarak.
 
Vitamin A juga unsur paling penting untuk menjaga penglihatan, karena membantu melindungi permukaan mata atau disebut kornea.
 
Bayam
 
Sayuran hijau satu ini kaya vitamin C, beta karoten, lutein dan zeaxanthin, serta antioksidan. Semuanya dapat membantu menghasilkan jaringan dari makula. Begitu juga dengan lutein dan zeaxanthin, bertindak sebagai tabir surya untuk kesehatan mata Anda, agar dapat menyerap intensitas cahaya biru sebanyak 40-90 persen.
 
Jagung
 
Ternyata jagung juga merupakan sumber makanan yang berlimpah lutein dan zeaxanthin, serta antioksidan. Ini mengurangi risiko terhadap ancaman degenerasi makula dan katarak. Secara sederhana, jagung juga membantu tubuh untuk menyerap pigmen yang ramah.(okz/A-147)***
 
 
 
 
Bagikan: