Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 26.2 ° C

Tujuh Sebab Kolesterol Anda Melonjak

Anwar Effendi
JAKARTA, (PRLM).- Terkadang seseorang tidak menyadari kolesterol yang tiba-tiba melonjak. Padahal, kolesterol yang tinggi dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.
 
Karena, kolesterol yang tinggi menempatkan seseorang pada risiko tinggi terkena penyakit jantung atau serangan jantung. Karena itu, penting mengetahui sebab-sebab kolesterol melonjak.
 
Berikut 7 sebab kolesterol melonjak sebagaimana dikutip Boldsky.
 
Salah diet harian
 
Setiap hari Anda memang membutuhkan asupan lemak dan kolesterol baik. Tapi kalau Anda terlalu banyak makan daging sapi, daging ayam, susu, telur, mentega dan keju akan menjadi sangat tidak sehat. Semua makanan tersebut mengandung tinggi lemak jahat yang mudah meningkatkan kadar kolesterol jenuh dalam tubuh Anda.
 
Kurang aktivitas
 
Salah satu penyebab utama munculnya kolesterol tinggi adalah malas. Juga, kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat. Disarankan bagi pekerja kantoran, Anda harus aktif bergerak agar kalori mudah terbakar dan tidak menimbun kolesterol jahat.
 
Tidak rutin cek kesehatan
 
Setiap satu tahun sekali, Anda disarankan untuk mengecek seluruh kesehatan tubuh. Paling penting adalah cek kolesterol, gula darah, ginjal, jantung, dan organ tubuh penting lainnya. Misalnya kalau Anda melewatkan, hati-hati terjadi lonjakan angka tingginya kolesterol yang dapat membahayakan.
 
Merokok
 
Rokok dapat membunuh sistem oragn tubuh Anda secara perlahan-lahan. Bahkan, bila tak segera berhenti akan menjadi ancaman tingginya kolesterol jahat. Maka hindarkan diri Anda agar tak menjadi perokok aktif dan aktif demi kesehatan.
 
Faktor genetik
 
Penyebab utama lain dari tingginya kolesterol yaitu riwayat keluarga. Sama seperti diabetes, kolesterol juga disebabkan oleh faktor keturunan. Seandainya, salah satu anggota keluarga Anda beriwayat punya masalah lonjakan kolesterol jahat, sebaiknya Anda rutin cek kesehatan dan jauhi faktor risikonya.
 
Usia dan jenis kelamin
 
Kini pengaruh usia dan jenis kelamin juga memengaruhi tingginya kolesterol jahat. Belum lagi, bila Anda menjalankan gaya hidup tak sehat di era modern ini. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal cukup rendah sampai menopause tiba. Setelah itu, risikonya akan meningkat sama seperti pria, tepat di usia senja.
 
Obesitas
 
Kelebihan berat badan alias obesitas dapat membuat Anda berisiko menderita penyakit tidak menular. Termasuk penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Orang obesitas mudah meningkatkan trigliserida (kolesterol jahat) dalam tubuh, sehingga Anda harus meningkatkan gaya hidup aktif.(okz/A-147)***
 
 
 
 
 
Bagikan: