Pikiran Rakyat
USD Jual 14.007,00 Beli 14.105,00 | Umumnya cerah, 25.8 ° C

NASA Akan Mengirim Senter ke Bulan

Dede Suhaya
SALAH satu satelit yang akan diluncurkan NASA dalam proyek SLS.*
SALAH satu satelit yang akan diluncurkan NASA dalam proyek SLS.*
WASHINGTON, (PRLM).- Saat roket paling kuat di dunia, Space Launch System (SLS), meluncurkan tahun 2018, akan membawa sebanyak 13 satelit kecil.

Setiap satelit akan berukuran kira-kira sebesar kotak sepatu, 'cubesats' ini akan mengadakan eksperimen yang akan dlepaskan SLS di tujuan yang berbeda dalam perjalanan ke Mars.

Hari ini, NASA telah mengumumkan bagaimana bentuk dari tujuh CubeSats, dan apa yang akan dicapainya.

Di antara satelit-satelit kubus tersebut ada senter laser besar yang akan mengorbit bulan yang akhirnya akan memberikan para ilmuwan peta untuk menemukan sumber air di permukaan bulan.

"Dalam misi masa depan, kita harus hidup dari tanah," kata Jitendra Joshi, kepala Advanced Exploration Systems NASA, menjelaskan saat konferensi pers hari ini.

'Peta ini bisa membantu menemukan situs yang baik untuk itu," tambahnya, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (3/2/2016).

Cubesat lain, yang dikenal sebagai Near-Earth Asteroid (NEA) Scout , akan menggunakan propulsi berlayar surya untuk terbang dekat asteroid kecil, mengambil gambar dan melakukan pengamatan.

Cubesat yang ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman lingkungan asteroid dan menghasilkan informasi penting untuk astronot masa depan menjelajahi asteroid.

Senter Bulan akan menggunakan layar surya besar, mirip dengan layar NEA, untuk memantulkan sinar matahari dan menerangi kawah gelap Bulan dan kemudian instrumen sains akan mengukur es air permukaan. (Dede Suhaya/A-147)***
Bagikan: