Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 26.2 ° C

Jika Manusia Punah, Spesies Apa yang Menggantikannya?

Dede Suhaya
LONDON, (PRLM).- Di masa depan pasca-apokaliptik, apa yang mungkin terjadi pada kehidupan di Bumi jika manusia punah?

Jadi jika kita diberi kesempatan untuk mengintip ke masa depan sekitar 50 juta tahun setelah menghilangnya ras manusia, apa yang akan kita temukan?

Luc Bussiere, dosen di Universitas Sterling yang menulis untuk The Conversation menjelaskan kemungkinan spesies lain yang mewarisi bumi, dan mengapa bukan primata.

Pertanyaan ini telah mengilhami banyak spekulasi populer dan banyak penulis telah menawarkan daftar spesies kandidat.

Namun, sebelum menawarkan setiap tebakan, kita perlu hati-hati menjelaskan apa yang dimaksud dengan spesies dominan.

Merujuk pada standar dunia saat ini, seperti dilaporkan Daily Mail, Rabu (27/1/2016), bakteri bisa mendominasi meskipun akhir nominal 'usia mikroba' sekitar 1,2 miliar tahun yang lalu.

Ini bukan karena bakteri berhenti atau menurun pada prevalensi, melainkan karena dalam pandangan kita cenderung untuk menempatkan organisme multi-selular lebih penting.

Kandidat kuat adalah nematoda, cacing gelang, sehingga dari semua contoh ini jelas bahwa baik prevalensi, kelimpahan atau keragaman adalah syarat utama untuk menjadi spesies 'dominan' dalam kehidupan.

Dalam film Planet of the Apes dibayangkan bahwa kerabat terdekat kita primata bisa mengembangkan kemampuan bicara dan mengadopsi teknologi manusia jika kita memberi ruang dan waktu untuk melakukannya.

Namun primata non-manusia tidak mungkin mewarisi dominasi di bumi, karena kera cenderung mendahului manusia saat punah. (Dede Suhaya/A-147)***
Bagikan: