Pikiran Rakyat
USD Jual 14.004,00 Beli 14.102,00 | Berawan, 28.7 ° C

Cantika Abigail Rilis Single Solo Start Over

Windy Eka Pramudya
CANTIKA Abigail.*/INSTAGRAM CANTIKA ABIGAIL
CANTIKA Abigail.*/INSTAGRAM CANTIKA ABIGAIL

KEPUTUSAN trio GAC (Gamaliel Audrey Cantika) yang memutuskan vakum di awal September 2019 cukup mengejutkan. Kendati vakum, tapi para personel GAC tak berhenti berkarya. Salah satunya Cantika Abigail yang melepas single solo perdananya Start Over bersama label Sony Music Indonesia.

Sempat takut, cemas, dan meragukan diri sendiri, Cantika tak percaya diri untuk bersolo karier. Akan tetapi, dukungan dari lingkungan sekitar dan antusiasme untuk mengeksplor diri membuat Cantika berani menempuh perjalanan solonya dan menghadirkan karya musik yang autentik.

Single Start Over digarap Cantika bersama Marco Steffiano sebagai produser. Saat proses penulisan lagu, Cantika dibantu Kamga Mo. Ada pula peran Gamaliel Tapiheru yang didaulat untuk menjadi pengarah vokal Cantika. 

"Aku pertama kali bekerja sama dengan Marco saat diajak terlibat pada single Adrian Khalif, Take Care. Ketika itu, aku merasa cocok, langsung nyambung, dan punya kesamaan visi. Makanya begitu mau solo, Marco adalah salah satu produser yang aku incar. Sementara kalau Kamga memang teman lama dan menjadi orang yang tepat saat mengalami kebuntuan dalam menyempurnakan lagu ini," tutur Cantika via pos-el, Kamis, 7 November 2019.

Lagu Start Over hadir dengan kemasan musik RnB yang membawa pendengarnya untuk rileks. Mulanya, lirik lagu ini bercerita tentang perjalanan Cantika dalam mengejar karier solonya. Akan tetapi, kemudian liriknya dimodifikasi untuk mencerminkan kehidupan cintanya. Oleh karena itu, lagu Start Over sekarang dapat ditafsirkan tentang memulai kembali dalam konteks apa pun yang penting bagi pendengar.

"Aku tidak merencanakan untuk membuat lagu tentang cinta, karena aku punya banyak ide lain yang ingin dituangkan ke dalam lagu. Namun, saat workshop melodi dan nada yang hadir justru sesuatu yang sangat manis yang tidak mungkin tidak tentang cinta," ungkap Cantika yang merupakan putri Jean Pattikawa. 

Secara luas, lirik Start Over bercerita tentang pandangan Cantika akan keputusan untuk mencintai, tentang insting, permainan logika, dan ego yang ikut terlibat dalam permainan cinta. Berani melepaskan pengalaman buruk dalam hubungan dan akhirnya berani untuk memulai kembali dan memberi kesempatan cinta untuk hadir sekali lagi. 

Bersamaan dengan dirilisnya Start Over, Cantika juga meluncurkan video musik yang syuting di Kebun Raya Bogor. Adegan awal video yang menampilkan deringan telefon menjadi pertanda telah hadirnya panggilan kembali untuk Cantika ke dunia musik.***

Bagikan: