Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Sedikit awan, 23.4 ° C

Terinspirasi Bucin, Raisa Rilis Single You

Windy Eka Pramudya
RAISA Andriana.*/JUNI RECORDS
RAISA Andriana.*/JUNI RECORDS

SETELAH merilis single Kembali, Juli 2019 lalu, Raisa hadir lagi dengan karya baru. Kali ini Raisa mempersembahkan lagu berjudul You yang dirilis Rabu, 9 Oktober 2019 bersama label Juni Records.‎

Beberapa saat jelang perilisan, Raisa sempat membocorkan beberapa petunjuk dengan tagar #RAISAYOU lewat media sosial. Selain itu, saat tampil di Synchronize Festival, Jumat, 4 Oktober 2019, Raisa juga sempat memperlihatkan artwork lagu You.

Lewat pos-el, Rabu, 16 Oktober 2019, Raisa mengungkapkan, lagu You dibuat berdasarkan kenginan dia yang ingin mencoba hal baru. Ketika itu, Gamaliel Tapiheru menangkap maksud Raisa. Gamaliel kemudian membuatkan Raisa lagu You yang akhirnya menjadi single teranyar.

"Lagu ini bercerita tentang pengalaman cinta untuk pertama kalinya dan efek yang ditimbulkan. Bagaimana kita merasakan pertentangan antara hati dengan pikiran. Kalau bahasa sekarangnya, ini lagu bucin (budak cinta)," kata Raisa.

Penggubah lagu You, Gamaliel mengatakan, proses pembuatan lagu You cukup seru. Pasalnya, Raisa ingin mencoba sesuatu yang belum pernah dia lakukan.

"Raisa ingin lagu yang bisa bikin orang nge-dance. Prosesnya cukup singkat dan enggak ribet. Saya cuma bikin beat sederhana yang kemudian menjadi dasar notasi, terus diisi lirik," kata Gamaliel.

Bagi Raisa, Gamaliel bukan sosok baru. Gamaliel kerap berperan sebagai vocal director Raisa, salah satunya saat konser Pemeran Utama pada 2015 lalu dan untuk lagu Kembali.

Dikerjakan di dua negara

Proses produksi lagu You dikerjakan di dua negara, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Bagian awal lagu You diramu Marco Steffiano dan Agung Munthe di Indonesia. Setelah itu, hasil akhirnya dipoles di Amerika Serikat bersama produser Dave Drake dan mixing engineer Erik Madrid.

Kolaborasi ini dipilih karena Raisa ingin mengambil langkah baru. Selain itu, dia ingin mendapatkan sudut pandang berbeda serta masukan yang segar terhadap karyanya.

DALAM merilis single You, Raisa berkolaborasi dengan beberapa musisi tanah air dan mengerjakan proses penggarapannya di dua negara.*/JUNI RECORDS

Menurut Raisa, ide kolaborasi ini muncul ketika Raisa hendak pulang ke Indonesia dari Los Angeles. Di sana dia bertukar ide dengan temannya. Beberapa beat RnB yang didengarkan salah satunya menarik perhatian Raisa.

"Raisa memiliki suara yang khas. Ini pertama kalinya saya kolaborasi bareng musisi asal Indonesia. Saat mendengarkan materi awal lagu You, saya yakin lagu ini akan disukai banyak orang karena membuat pendengar ingin berdansa," kata Dave Drake.

Sutradara Gilbert March dipercaya untuk menangani videoklip You. Mengambil lokasi di Stadion Renang Akuatik Gelora Bung Karno, Gilbert membuat penonton terhipnotis dalam cerita dan suguhan tarian para penari dari EKI Dance Company.***

Bagikan: