Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Rrrecfest In The Valley, Festival Musik di Situgunung Sukabumi

Windy Eka Pramudya
PENAMPILAN Amboro di Rrrecfest In The Valley, di Tanakita Five Star Camp, Situgunung, Kabupaten Sukabumi, Festival musik ini berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu, 20-22 September 2019.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
PENAMPILAN Amboro di Rrrecfest In The Valley, di Tanakita Five Star Camp, Situgunung, Kabupaten Sukabumi, Festival musik ini berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu, 20-22 September 2019.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

SELAMA tiga hari, yaitu Jumat sampai Minggu, 20-22 September 2019, Rrrecfest In The Valley kembali digelar. Berlangsung di Tanakita Five Star Camp, Situgunung, Kabupaten Sukabumi, Rrrecfest In The Valley bukanlah festival musik biasa. Pasalnya, selain menonton pertunjukan musik, ratusan penonton juga mendapat pengalaman kamping selama tiga hari dua malam, mengikuti sejumlah lokakarya, dan talkshow berbagai tema.

Pada Jumat, 20 September 2019, panggung yang tersebar di bukit-bukit diisi penampilan para musisi. Sebut saja Super Bungen, Adrian Yunan, Pisitakun, Amboro, dan Mayhem X. Tampil di tengah udara dingin Situgunung, aksi mereka yang intim menjadi penghangat di antara penonton.

Di Petromaks Stage, Adrian Yunan tampil selama hampir 45 menit. Adrian mengaku, Rrrectfest In The Valley 2019 menjadi pengalaman pertama dia. Bagi Adrian, tampil di Rrrectfest In The Valley memberi pengalaman dingin-dingin nikmat.

Eks personel Efek Rumah Kaca itu mengisi repertoar dengan antara lain Mikrofon, Terminal Laut, Rumah Sahaja, Kasino, Mainan, dan Tak Ada Histeria. Rentetan nomor dari Adrian itu diambil dari album Sintas yang dirilis 2017 lalu.

Beralih ke Rururadio Lounge, musisi Amboro tampil menghibur. Amboro merupakan solois dengan lagu-lagu bertutur yang jenaka. Dia menasbihkan musiknya dengan rock and roll Betawi.

Hanya bermodalkan gitar akustik, Amboro tampil dengan musik yang berkarakter. Celetukan ala lenong Betawi serta pantun yang kocak menjadi bumbu yang mengundang tawa penonton.

Untuk Rrrecfest In The Valley 2019, Amboro menyajikan antara lain Bentrokan Cinta, Bos Maut, Nonton Konser, Minta Maaf, Pacaran Di Saat Hujan, dan Biduan.

"Terima kasih kepada Rrrecfest dan Ruang Rupa. Warna merah buah delima, warna hijau buah kedondong. Mohon maaf kalau ada yang terkesima, minta tepuk tangannya dong," kata Amboro yang disambut tepuk tangan dan tawa kencang penonton. 

Selain pertunjukan musik, diadakan pula pemutaran spesial video musik karya sejumlah seniman. Berlangsung di Green House Cinema, ada video karya Toma dan Koka yang diputar. Mereka telah membuat video musik milik band The Upstair yang berjudul Semburat Silang Warna, Jatuh Cinta Diam-diam (Harlan Boer), dan Ironi (Kelompok Penerbang Roket).

Rrrecfest In The Valley kembali digelar. Berlangsung di Tanakita Five Star Camp, Situgunung, Kabupaten Sukabumi.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

Keseruan Rrrecfest In The Valley 2019 berlanjut pada Sabtu, 21 September 2019. Di hari kedua ini, lokakarya telah dimulai sejak pagi. Salah satunya adalah Kids Workshop: Ruru Kids dan Sekala. Para peserta yang terdiri atas anak-anak itu mencari serangga di sekitar area kamping. Serangga itu akan diwujudkan dalam gambar.

Komunitas Grafis Huru Hara juga akan mengadakan lokakarya dengan tema Apakah Memorimu Tentang Kemanusiaan/Merespons Memori. Selain itu, bersama Rain Forest Recording, Grafis Huru Hara akan mengadakan lokakarya tentang eco print. 

Dari sesi talkshow, akan berlangsung talkshow dengan tema Adventure Clinic dan South East Asia Music Network.

Sebelum sore, panggung musik akan diisi penampilan Jeslla, Bayangan, Dully, dan Kabar Burung. Selepas Magrib, penonton akan merasakan kemeriahan bersama Ata Ratu, Toto Tewel, Nonaria, Margie Segers, Lair, Iramamama, Omti Wekem, Prontaxan, dan oomleoberkaraoke.

Di hari ketiga Rrrecfest In The Valley, Minggu, 22 September 2019. Kegiatan akan berlangsung pagi sampai sore. Dijadwalkan, terdapat lokakarya dan talkshow yang bisa diikuti penonton. Salah satunya Upcycle Workshop with Stuffo.labs. Selain itu ada talkshow dengan tema Local Wisdom dan Young Gress. Di panggung pertunjukan musik, dijadwalkan akan tampil Shadow Play, Duo MobySade, dan open mic bersama Kios Ojo Keos. 

Dikutip dari Gudskul.art disebutkan, Rrrecfest adalah festival musik musik yang menampilkan dan mempertemukan berbagai kelompok seniman, komunitas, musisi dan penyelenggara acara musik. Rrrecfest merupakan pernyataan akan pentingnya semangat alternatif yang tidak hanya penting dalam dunia musik, tapi juga praktik kebudayaan lainnya. 

Festival ini menjadi tempat pertemuan penggemar musik, juga tempat menjalin jaringan kerja baru dengan musisi, band, dan organisasi festival musik independen, khususnya yang berasal dari wilayah Asia dan sekitarnya. Tujuan akhirnya membuka ruang dialog bagi kolaborasi-kolaborasi di masa depan.***

Bagikan: