Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32.8 ° C

Rekor Dunia Entry Fish Kontes Koi Pecah di Bandung

Kodar Solihat
SUASANA  All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019, di  Sudirman Grand Ballroom Bandung, Jalan Jenderal Sudirman Bandung, Sabtu, 14 September 2019.*/KODAR SOLIHAT/PR
SUASANA All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019, di Sudirman Grand Ballroom Bandung, Jalan Jenderal Sudirman Bandung, Sabtu, 14 September 2019.*/KODAR SOLIHAT/PR

BANDUNG, (PR).- Rekor dunia peserta kontes ikan hias jenis koi terpecahkan di Kota Bandung, di mana jumlah kontes tersebut mengalahkan di Jepang. Sebanyak 4.467 ekor ikan koi dikonteskan pada All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019, yang sekaligus merupakan HUT klub ZNA Bandung Chapter ke-20, yang dilakukan di Sudirman Grand Ballroom Bandung, Jalan Jenderal Sudirman Bandung, Sabtu, 14 September 2019.

Kontes tersebut dinilai oleh 18 orang juri asal Jepang, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.  Ada pun pesertanya, dari Bandung, Jakarta, Sukabumi, Ciamis, Tasikmalaya, Bekasi, Surabaya, Blitar, Tulungagung, Tangerang, dan Malaysia. Bahkan, kontes tersebut tampak lebih ramai dihadiri disaksikan para pengunjung, yang semakin bertambah menjelang siang hari.

Salah seorang juri asal Jepang, Kentaro Sakai dari Sakai Fish Farm Jepang mengatakan, “Luar biasa! Ini mengalahkan di Jepang yang rata-rata maksimal jumlah entry fish-nya 2.000 ekor. Pada All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019 mencapai 4.467 ekor, ini merupakan rekor dunia jumlah entry fish dalam kontes ikan koi,” ujarnya.

Kentaro Sakai juga mengatakan terkesan dengan berbagai tampilan dan kualitas ikan-ikan koi Indonesia yang dinilainya semakin baik. Ia menduga, perkembangan ini lebih disebabkan karena cara penanganan atau keeping-nya semakin baik, dimana tampilan ikan-ikan koi itu menunjukan sejauh mana para pemiliknya mengikuti prosedurnya.

Ketua  All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019, Yohanes Jusuf, menyebutkan, bahwa faktor yang menyebabkan jumlah peserta sangat banyak dan mencapai rekor dengan jumlah entry fish mencapai  4.467 ekor ini, juga disebabkan penilaiannya dilakukan 18 orang juri yang dikenal kelas dunia dan berasal dari farm-farm kelas dunia pula. Karena itu pula, kontes ikan koi ini menjadi yang sangat semarak, karena pesertanya sangat banyak dan tampak semangat dari para peserta.

Presiden Klub ZNA Bandung Chapter, Hartono, sejak pagi harinya sudah memperhitungkan bahwa All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019 akan mencapai rekor dunia dan rekor Indonesia. “Wah, yang mendaftar terus bertambah dan pesertanya terus berdatangan. Jumlahnya ini sudah mencapai rekor dunia,” ujarnya.

Hadir pula perwakilan dari MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia), Awan, yang menilai, bahwa terpecahkannya rekor dunia dan Indonesia ini, diduga karena klub ZNA Bandung Chapter aktif mewadahi para penggemar ikan koi melalui sejumlah ajang perlombaan. “Tak heran, cara ini membuat animo dari para penghobi ikan koi pun menjadi semarak,” katanya.

Kontes All Indonesia Koi Show 20th Anniversary ZNA Bandung Chapter 2019, memperlombakan ukuran 61 cm ke atas (best tategoi), 61 cm ke atas (male champion), 81 cm ke atas (grand champion), 71-80 cm (superior champion), 61-70 cm (mature champion), 51-60 cm (adult champion), 41-50 cm (young champion), 31-40 cm (junior uoyng champion), 21-30 cm (baby champion), serta 0-20 cm (mini champion). Ada pun yang diperlombakan adalah empat kategori, yaitu A. Gonsanke (kohaku, taisho, sanshoku, showa sanshoku, B. sakura (shiro utsuri, goshiki, kawarimona, kinginrin A, kinginrin B, kujaku, C. Tsubaki (hikarimoyamana, tancho, karomo, daitsu, dan D. Botan (hikarimujomona, asagi, shusui, bekko, hikari utsurimona, dan hi ki utsurimona.***

Bagikan: