Pikiran Rakyat
USD Jual 14.027,00 Beli 14.125,00 | Umumnya berawan, 29 ° C

Deretan Penampil Soundrenaline 2019 Hari Pertama, Punk Rock Hingga Nostalgia Suede

Windy Eka Pramudya
FORMASI Suede tahun 1993: Bassist Mat Osman, vokalis Brett Anderson, drummer Simon Gilbert, dan gitaris Bernard Butler.*/GETTY IMAGES
FORMASI Suede tahun 1993: Bassist Mat Osman, vokalis Brett Anderson, drummer Simon Gilbert, dan gitaris Bernard Butler.*/GETTY IMAGES

DENGAN tema The Spirit of All Time, festival musik Soundrenaline 2019 siap digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Pada Sabtu, 7 September 2019, lebih dari 20 musisi berbagai genre telah siap tampil. Beragam kejutan pun akan dihadirkan kepada ribuan pencinta musik.

Kemeriahan akan dimulai pada pukul 15.00 WITA di All Time Stage. Dijadwalkan band indiepop dari Jakarta, Reality Club, akan membuka Soundrenaline 2019. Selain Reality Club, akan tampil juga band asal Yogyakarta, Tashoora di Celebration Stage.

Sementara itu, di Creators Stage akan hadir The Dissland yang berasal dari Bali. Band yang terbentuk pada 1999 ini mengusung musik punk rock. Tak kalah mengentak dari The Dissland, band Pee Wee Gaskins dijadwalkan akan mengguncang A Stage.

Salah satu kejutan yang akan dihadirkan di hari pertama Soundrenaline 2019 datang dari band Maliq & D' Essentials. Band yang diawaki Angga dan Indah (vokal), Lale (gitar), Ilman (keyboard), Widi (drum), dan Jawa (bas) ini akan tampil berkolaborasi dengan tiga musisi lintas generasi dan genre.
Mereka mengajak Indra Lesmana, Rekti Yoewono dari The SIGIT, dan Tuan Tigabelas untuk tampil membawakan lagu-lagu Maliq & D'Essentials. Musik pop, jazz, rock, dan hip hop akan berpadu di atas panggung.

"Gagasan kolaborasi datang dari setiap musisi dan kreator yang terlibat. Mereka ingin memberikan energi dan karya terbaik untuk merayakan Soundrenaline ke-17 yang selalu menjadi ruang bagi mereka untuk berekspresi dan menginspirasi," ujar kurator musik Soundrenaline 2019 Widi Puradiredja.

The SIGIT dan Jamrud

Dari Bandung, band rock The SIGIT akan membawakan beberapa lagu baru yang akan termuat di album baru nanti. Bagi band berusia 17 tahun ini, panggung Soundrenaline 2019 akan menjadi uji nyali.

"Pesan saya, have fun dan nikmatilah Soundrenaline. Soalnya, Soundrenaline adalah festival musik yang lengkap," ucap gitaris The SIGIT, Farri.

Band asal Kota Cimahi, Jamrud juga tak mau kalah dengan para juniornya. Terbentuk sejak 1984, Jamrud akan tampil dengan deretan hit lawasnya.

"Tahun ini kami sangat antusias untuk tampil. Kami akan menyusun setlist agar tidak sama dengan Soundrenaline sebelumnya. Kami pengin juga membawakan lagu baru, tapi daripada penonton bengong tidak hafal, jadi kami bawakan lagu yang sudah dikenal saja," ungkap vokalis Jamrud, Krisyanto.

Nostalgia dan Suede

Nuansa nostalgia juga akan terasa lewat penampilan Base Jam. Di All Time Stage, band yang lahir pada 1994 ini akan menyajikan antara lain Bukan Pujangga, Bermimpi, dan Jatuh Cinta. Kehadiran Base Jam tentu akan membuat generasi 1990-an bersenang-senang.

Band asal Inggris, Suede, akan tampil di A Stage menjelang tengah malam. Band yang terbentuk di London pada 1989 ini merupakan salah satu penjejak invasi musik Britpop ke dunia.

Sempat vakum pada 2003, Suede kembali kembali dalam formasi Brett Anderson (vokal), Richard Oakes (gitar), Mat Osman (bas), Simon Gilbert (drum), dan Neil Codling (keyboard). Pada 1994, Suede menjadi "Big Four" di arena Britpop bersama Oasis, Blur, dan Pulp.

Selama berkiprah di industri musik, band ini telah merilis delapan album, yaitu Suede (1993), Dog Man Star (1994), Coming Up (1996), Head Music (1999), A New Morning (2002), Bloodsport (2013), Night Thoughts (2016), dan The Blue Hour (2018).

"Buat saya, penyelenggaraan festival musik itu harus ada unsur nostalgianya. Makanya kami undang Suede. Kemungkinan mereka akan tampil selama dua jam dengan komposisi lagu baru dan lama," tutur kurator musik Soundrenaline 2019, Widi.

Widi mengungkapkan, di ranah musik Britpop, Suede adalah salah satu raksasa. Saat ini, kata Widi, generasi milenial perlu mengenal musik Britpop yang pernah berjaya di era 1990-an sehingga Suede layak untuk diapresiasi.

Hari pertama Soundrenaline 2019 akan ditutup nuansa musik disko lewat aksi The Upstair di Creators Stage dan Diskoria di Celebration Stage. Selain itu, Padi Reborn akan mengisi A Stage pukul 1.00 WITA, dan Jason Ranti di All Time Stage pukul 23.45 WITA.***

Bagikan: