Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 29.9 ° C

Lea Simanjuntak Rilis Single Bersama

Windy Eka Pramudya
LEA Simanjuntak.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
LEA Simanjuntak.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

PERLU waktu 15 tahun bagi Lea Simanjuntak untuk kembali merilis lagu pop bertema cinta yang universal. Padahal Lea tak pernah menghilang dari ingar bingar industri musik Indonesia. Soalnya, kegiatan menyanyi off air terus berjalan.

Selain itu, Lea juga aktif merilis album rohani Kristen, tampil berkolaborasi dengan musisi dunia, seperti David Foster, dan membentuk grup musik Bandanaira.

Kini, pendengar karya Lea bisa bernapas lega. Single Bersama menjadi amunisi baru Lea. Lagu yang ditulis Lea bersama Yeshua Abraham ini bercerita tentang perjuangan bersama. 

Lea mengungkapkan, lagu Bersama dia tulis karena terinspirasi dari situasi di sekitarnya. Menurut dia, saat seseorang mendapat masalah, dia pasti akan mudah menyerah jika menghadapinya sendirian. Akan tetapi, dengan adanya kerja sama atau perhatian seperti dari keluarga dan teman bisa menjadi penyemangat.

"Bentuk dukungan itu bisa dalam berbagai bentuk. Misalnya kata-kata semangat dari anggota keluarga atau teman di grup WhatsApp. Buat saya, perjuangan itu jangan dilakukan secara individual, tapi kita punya support system yang bisa memberi semangat," tutur Lea di Kafe Halaman, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin, 26 Agustus 2019.

Perempuan kelahiran Singapura, 7 Juli 1949 ini mengungkapkan, proses pembuatan dan rekaman lagu Bersama tak mendapat kendala. Dia sengaja mengajak Yeshua, yang dikenal lewat program televisi Just Duet. Kehadiran Yeshua memberi pandangan dari sisi generasi milenial saat ini. 

Selain Yeshua, ada juga Barry Maheswara yang bertindak selaku music director. Tangan dingin Barry memberi sentuhan suara alat musik gesek (string section) ke dalam aransemen Bersama. Hal ini membuat Bersama terdengar megah. 

"Kolaborasi sama Yeshua sangat menyenangkan. Dia kooperatif. Liriknya selesai kurang dari satu hari, sedangkan aransemennya beres dalam dua minggu. Saat rekaman juga lancar," ungkap Lea yang pada 2004 merilis album Bangun dengan hit Jangan Katakan Cinta.

Jika dibandingkan dengan lagunya di 2004 silam, Bersama menyajikan warna baru di karakter musik Lea. Menurut Lea, saat membuat album Bangun, dia masih mencari jati diri. Misalnya dengan mencoba berbagai genre musik dan tema lagu yang tak jauh dari cinta anak muda.

"Sekarang, umur saya 40 tahun, sudah tahu apa yang ingin ditunjukan. Banyak hal terjadi selama 15 tahun ini. Salah satu hasilnya adalah lagu Bersama," kata Lea.

Lea mengaku dia tak pernah merencanakan lagu Bersama dirilis pada Agustus 2019 dan berdekatan dengan peringatan HUT RI. Kebetulan, kata Lea, lagunya memang sudah selesai karena dikerjakan saat bulan puasa lalu. 

Lea merilis Bersama pada 15 Agustus 2019 di platform musik digital dan video klipnya akan rilis 4 September 2019. Lagu Bersama diproduksi Talentum Music dan diedarkan secara digital oleh MD Music. 

Menurut Lea, industri musik saat ini memang berbeda sekali kalau dibandingkan dengan 2004 lalu. Sekarang tidak hanya soal jual karya, tapi ada strateginya. 

"Pokoknya, saya enggak mau lagu Bersama ini bikin enek karena terlalu sering atau dipaksakan untuk didengar. Saya pengin lagu Bersama ini everlasting dan bisa jadi anthem bagi siapa pun yang sedang merasa down," ujar Lea.***

Bagikan: