Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 22.1 ° C

Run to Give, Berlari Sambil Beramal

Windy Eka Pramudya
*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

UNTUK kedua kalinya, Run to Give akan diadakan di Kota Bandung. Kegiatan berlari sambil beramal ini akan berlangsung pada 22 September 2019. Run to Give yang diprakarsai Marriot International ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Bandung, tapi digelar serentak di seluruh properti Marriott International di dunia. Di Indonesia, selain di Kota Bandung, Run to Give juga diadakan di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, Medan, dan Bali .

Di Kota Bandung, Run to Give diselenggarakan empat Hotel Marriot International, yaitu Four Points by Sheraton Bandung, Courtyard by Marriott Bandung Dago, Sheraton Bandung Hotel & Towers, dan Moxy Bandung. Dengan berdonasi sebesar Rp 150 ribu, para peserta akan mendapatkan kaus, medali, serta berkesempatan untuk mendapat doorprize. Hasil donasi akan disumbangkan sebagian untuk Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Tuna Rungu Cicendo Bandung.

Chairman Run to Give 2019 sekaligus GM Moxy Bandung I Wayan Reksa mengungkapkan, pemilihan SLBN Tuna Rungu sebagai tujuan donasi berkaitan dengan Hari Bahasa Isyarat Internasional, 23 September 2019 dan Hari Tuna Rungu Internasional, 28 September 2019. Selain itu, SLBN Cicendo Bandung juga merupakan Sekolah Tuna Rungu tertua se-Asia Tenggara.

"Kami berupaya menggalang dana agar hasil dari kegiatan ini dapat disumbangkan kepada sekolah SLBN Tuna Rungu Cicendo. Diharapkan, donasi itu dapat digunakan untuk pengembangan para siswa dan siswi ekolah tersebut. Sekolah ini telah berdiri sejak 1930 dan masih ada serta beroperasi hingga saat ini," tutur I Wayan Raksa pada jumpa wartawan di Sheraton Bandung Hotel & Towers, Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Jumat, 23 Agustus 2019.

Rute lari Run to Give 2019 akan dimulai dari Courtyard by Marriott Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, pukul 06.00 WIB. Rute sejauh lima kilometer akan ditempuh para pelari yang akan mengitari Jalan Ir H Juanda hingga Simpang Dago sepanjang care free day, kemudian kembali turun menuju finish point di Courtyard by Marriott. Tidak ada perubahan rute jika dibandingkan dengan tahun lalu.

GM Courtyard by Marriot Bandung Kadek Krisna mengatakan, di tahun ini mereka menargetkan bisa diikuti 1.300 pelari. Di tahun lalu, peserta mencapai jumlah sekitar 1.200 pelari dengan donasi yang terkumpul sekitar 40 juta. "Secara global, Run to Give tahun ini merupakan yang keenam. Kegiatan ini digelar di lebih dari 2.000 lokasi se-Asia Pasifik. Tahun lalu, di Indonesia saja diikuti lebih dari 7.000 pelari dan mengumpulkan donasi sekitar Rp 450 juta. Tahun ini diharapkan bisa lebih," ungkap Kadek Krisna.

Kepala SLBN Cicendo Sudarman mengatakan, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan Run to Give. Dia juga senang karena anak-anak dari SLB Cicendo juga dilibatkan untuk turut berlari. "Donasi yang terkumpul akan kami gunakan untuk memaksimalkan kemampuan peserta didik," ujar Sudarman.***

Bagikan: