Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Rumah Kentang: The Beginning Janjikan Kisah Horor yang Autentik

Windy Eka Pramudya
*/DOK. HITMAKER STUDIOS
*/DOK. HITMAKER STUDIOS

KISAH legenda urban rumah kentang menjadi inspirasi film horor terbaru produksi Hitmaker Studios. Film yang akan tayang akhir 2019 ini disutradarai Rizal Mantovani dengan para pemain antara lain Luna Maya, Christian Sugiono, Jajang C Noer, Epi Kusnandar, Davina Karamoy, Nicole Rossi, dan Rayhan Cornelis Vandennoort. Dengan mengusung judul Rumah Kentang: The Beginning, film ini menyajikan awal mula cerita legenda urban rumah kentang.

Sutradara Rizal Mantovani mengungkapkan, dasar cerita yang dihadirkan berdasarkan berbagai versi cerita yang beredar. Ini karena, legenda urban rumah kentang tak hanya ada di Jakarta, tapi juga kota lain salah satunya Bandung.

Rizal mengaku, dia tertarik dengan rumah kentang karena tidak banyak legenda urban yang berkaitan dengan rumah. Hal ini membuat cerita rumah kentang spesial.

"Legendanya kalau mencium bau kentang, hati-hati, karena katanya bakal ada penampakan. Bau kentang itu menjadi penanda menuju sesuatu yang tidak baik. Kenapa bau kentang itu yang jadi simbol, nah di sini kami ulik ceritanya," tutur Rizal di sela syuting Rumah Kentang: The Beginning di Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis, 22 Agustus 2019.

Rizal menyebutkan, proses syuting Rumah Kentang: The Beginning dimulai 1 Agustus 2019. Direncanakan syuting akan selesai dalam 30 hari. Selain di Pangalengan, syuting juga berlangsung di antara lain di Jakarta, dan Puncak.

Di Kecamatan Pangalengan, Rizal mengambil lokasi kebun kentang agar autentik dengan jalinan cerita. Menurut Rizal, dengan berada di tempat yang sesungguhnya, pendalaman para karakternya lebih dapat.

Rizal mengatakan, kisah Rumah Kentang: The Beginning tidak berhuhungan dengan film Rumah Kentang yang dibuat pada 2012 lalu. Pada 2012, Rumah Kentang disutradarai Jose Poernomo dan dibintangi antara lain Shandy Aulia, Tasya Kamila, dan Gilang Dirga. "Dari segi cerita, Rumah Kentang: The Beginning tidak ada hubungannya dengan film Rumah Kentang yang dulu. Hubungannya mungkin secara mitos saja," ucap Rizal.

Film Rumah Kentang: The Beginning bercerita tentang pasangan suami istri, Adrian (Christian Sugiono) dan Sofi (Luna Maya). Adrian merupakan penulis novel, sedangkan Sofi merupakan ilustrator novel karya Adrian. Dengan setting di era 1980-an, mereka merupakan pasangan modern di era itu yang tidak percaya dengan hal-hal mistis.***

Bagikan: