Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Menyelenggarakan Pernikahan Outdoor Bernuansa Alam

Gita Pratiwi
GALIH dan Ratna, pasangan pengantin yang diperankan oleh model, dalam showcase Pernikahan Romantis, di venue outdoor Agro Puteri Gunung Hotel, Lembang, Rabu, 21 Agustus 2019.*/GITA PRATIWI/PR
GALIH dan Ratna, pasangan pengantin yang diperankan oleh model, dalam showcase Pernikahan Romantis, di venue outdoor Agro Puteri Gunung Hotel, Lembang, Rabu, 21 Agustus 2019.*/GITA PRATIWI/PR

KENTAL dengan nuansa alam, akrab, dan santai, jadi beberapa alasan pasangan untuk memilih konsep outdoor bagi resepsi pernikahan mereka. Pepohonan atau bunga-bunga menjadi dekorasi alami yang menambah kesan elegan.

Sebelum menentukan konsep pernikahan di halaman, atau alam bebas, simak hal-hal yang perlu diperhatikan, menurut penyelenggara pernikahan Nency Glow ini. 

Hal paling penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan jadwal resepsi berdasarkan cuaca. "Jangan pernah merencanakan pernikahan outdoor saat musim hujan. Usahakan saat kemarau," kata Nency, saat ditemui di sela-sela showcase Pernikahan Romantis, di Hotel Puteri Gunung, Lembang, Rabu, 21 Agustus 2019. 

Ia menambahkan, koordinasi yang intens dan kuat dengan perencana atau wedding planner, sangat diperlukan. Hujan yang tidak dapat dihindari di negara tropis saat kemarau pun, agar diantisipasi bersama. 

Jika menengok para selebritas yang menggelar pernikahan di alam bebas, ada yang berhasil dan tidak. Hal itu dipengaruhi kesiagaan panitia. "Misalnya pakai flooring dari kayu. Itu penting buat pengantin. Minimal tidak merusak gaun indahnya," ujarnya. 

Untuk menentukan di mana momen spesial Anda berlangsung, perhatikan tempat yang cocok buat wedding. Di samping bisa menjadi venue dengan suasana atau ambience tertentu, perhatikan fasilitasnya. Fasilitas itu nantinya akan menunjang persiapan merias wajah dan pakaian pengantin, dekorasi, sistem suara, dan kenyamanan para tamu. 

"Harus diperhatikan juga untuk katering butuh transportasi tambahan atau tidak. Venue dengan paket-paket yang mempertimbangkan itu lebih memudahkan," ucapnya. 

SUASANA showcase Pernikahan Romantis, di venue outdoor Agro Puteri Gunung Hotel, Lembang, Rabu, 21 Agustus 2019.* /GITA PRATIWI/PR

Pemesanan tempat dewasa ini, kata Nency, akan turut menentukan hari pelaksanaan resepsi. Maka booking tempat sesuai konsep biasa dilakukan 6 bulan hingga satu tahun sebelumnya. 

Mengenai riasan, menurut Ivan Belva, makeup artist yang ditemui di tempat yang sama, menuturkan gaya flawless amat relevan dengan suasana natural pernikahan outdoor. Sedangkan pakaian mempelai wanita disarankan tidak terlalu menjuntai panjang ke belakang. Wedges disebut menjadi alas kaki yang pas untuk suasana ini.

Showcase Pernikahan Romantis ini diadakan Hotel Puteri Gunung sebagai launching dari venue pernikahan, dengan latar hutan pinus. Showcase ini menampilkan simulasi resepsi pernikahan antara Galih dan Ratna yang diperankan oleh model. Pernikahan berlangsung khidmat, lengkap dengan sajian prasmanan, dan iringan musik. 

"Kami ingin memperkenalkan kembali bahwa hotel yang sudah berusia 30 tahun ini punya wedding venue indoor dan outdoor. Di samping itu banyak spot-spot foto untuk prewedding, pengantin, atau keluarga pengantin," kata GM Puteri Gunung, Leni Yuliyati. 

Jika berlangsung pagi hari, photoshoot akan didukung turunnya embun yang alami. Sore hari menjadi waktu yang pas untuk memperoleh golden hour mempercantik foto. 

Mengenai kapasitas kendaraan yang bisa parkir, ia menjawab halaman bisa menampung 200 mobil dan 10 bus. Sedangkan hotel yang berkapasitas 130 kamar ini terdiri dari vila-vila dan penthouse, ditambah kolam renang dan penangkaran rusa.***

Bagikan: