Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Cerah berawan, 20.2 ° C

Mengenal Makanan Kesukaan Presiden RI, Era Soekarno Hingga Habibie

Vebertina Manihuruk
RAWON iga Grand Tjokro.*/ARIF DANUN HIDAYAH/PR
RAWON iga Grand Tjokro.*/ARIF DANUN HIDAYAH/PR

SELAMA 74 tahun berdiri, bangsa Indonesia sudah memiliki tujuh orang presiden yang sangat berjasa bagi kemajuan bangsa. Masing-masing figur pun memiliki ciri khas kepemimpinannya masing-masing.

Selain itu, ada pula ciri khas dari kepribadian masing-masing. Tak terlepas tentu saja kesukaan mereka pada kreasi kuliner tanah air yang sangat banyak ragamnya. Apalagi, ketujuhnya pun berasal dari berbagai kota/kabupaten yang berbeda sehingga memiliki selera akan cita rasa yang dipengaruhi kehidupan masa kecilnya.

Sambil merasakan kemeriahan HUT RI tahun ini, Pikiran Rakyat menyajikan salah satu makanan favorit dari setiap presiden RI. Sajiannya pun seluruhnya bisa ditemui di Kota Bandung, sehingga kita bisa menikmatinya di sini. 

Soekarno

Presiden pertama Indonesia yang juga proklamator itu sangat merakyat, termasuk dalam urusan kuliner. Ia memiliki kesukaan untuk menyantap nasi jagung, sayur asem, rawon, dan sate.

Chef Tya Sofyan dari Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas Kota Bandung, mengkreasikan rawon iga yang mungkin akan menjadi favorit Soekarno bila masih ada. Bukan hanya nikmat disantap, racikan bumbu asli tanpa bumbu instan itu terasa begitu meresap di setiap potongan dagingnya. Apalagi, ada tauge dan potingan telor asin yang membuat perpaduan rasa semakin lengkap.

Sesuai namanya, rawon iga, sajian rawon itu masih ada tulang-tulang iganya yang membuat sajian itu tambah gurih. Tulang iga pun bisa diseruput merasakan rempah-rempahnya yang menyerap ke dalam. Sluuurp!

Tya Sofyan mengatakan, sajian rawon iga itu pun dikreasikan dengan tambahan bumbu khas Sumatera yaitu andaliman. Ketika disantap, ada rasa hangat dari andaliman yang sekaligus memperkaya cita rasanya.

Soeharto

Memimpin bangsa dalam durasi terlama, Presiden Soeharto ternyata memiliki makanan favorit yang simpel. Ia sangat menyukai sayur lodeh, tempe bacem, dan ikan bakar. Apalagi, bila sajian itu dibuat oleh sang istri, Ibu Tien Soeharto.

Sajian sayur lodeh dan ikan bakar itu ternyata juga menjadi salah satu menu favorit di Warung Suluh, Jalan Dr Cipto Nomor 8, Kota Bandung. Restoran yang khas menyajikan masakan Indonesia, terutama masakan khas Jawa, itu telah berdiri sejak 2010 dan menghadirkan aneka masakan rumahan yang lezat.


Seperti sajian sayur lodehnya yang juga terasa spesial dengan cita rasa yang gurih. Selain sayur lodeh, di sana banyak lagi aneka sayuran seperti karedok, sayur asem, pecel, dan urap.
Gurame bakarnya pun disajikan dengan cita rasa yang spesial. Seperti gurame bakar yang disajikan dengan sambal kecap kacang. Sambal yang terdiri dari kacang giling yang lekoh ditambah kecap dan potongan cabai rawit, hmmm, nikmat!***


B.J. Habibie

Ayam goreng yang khas dari masakan Padang menjadi santapan favorit Presiden B.J. Habibie. Ia terutama menyukai ayam goreng di suatu rumah makan padang yang terletak di dekat Kantor Sekretariat Negara RI. Selain menyantap ayam goreng, ia juga senang menikmati jus terong belanda yang dicampur dengan sirsak.

Di Kota Bandung, restoran padang memang sangat banyak. Dan, semua rumah makan itu memiliki kreasi kuliner ayam goreng yang gurih. Apalagi, ditambah bumbu-bumbu keringnya seperti yang disajikan di rumah makan Mitra Sederhana Pasteur, Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 64, Kota Bandung.

Ayam goreng yang disajikan dalam sajian masakan padang memiliki rempah yang meresap karena melalui proses ungkep sebelumnya. Apabila proses ungkep itu dilakukan cukup lama, ayam akan bertekstur empuk sehingga semakin nikmat disantap.

Tidak lupa tentunya, menyantap ayam goreng itu dengan nasi panas yang dihasilkan dari beras yang beraroma wangi. Ditambah sayur gulai dan sambal hijaunya, lengkap sudah!***

Bagikan: