Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 29.1 ° C

Kreasi Tumpeng untuk Lomba di Hari Kemerdekaan

Eva Fahas
NASI tumpeng merdeka.*
NASI tumpeng merdeka.*

BULAN Agustus selalu terasa istimewa bagi negara Indonesia. Karena di bulan ini seluruh bangsa merayakan hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Biasanya peringatan hari lahirnya bangsa Indonesia ini dengan menyelenggarakan beragam perlombaan yang menggembirakan. Misalnya balap kelereng, balap karung, lomba makan kerupuk, hingga tarik tambang, dan panjat pinang.

Seluruh kalangan bisa terlibat meramaikan perayaan ini. Termasuk kalangan ibu yang biasa didapuk untuk ikut lomba masak atau membuat tumpeng. Berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda contek saat hendak berkreasi tumpeng ya.
 

1. Nasi merah putih dari buah bit

Sudah lazim ditemukan jika nasi tumpeng menggunakan bahan dasar nasi kuning yang dibuat mengerucut di tengah nampan bambu beralaskan daun pisang. Kali ini, Anda bisa mengubah nasi tumpengnya dengan warna merah putih.

Warna merah ini didapat dari perasan buah bit yang digunakan bersama air dan santan saat menanak nasi. "Buah bit diperas lalu disaring. Kemudian sarinya ini dicampurkan saat menanak nasi. Sedikit saran, jangan terlalu banyak menggunakanm air buah bit karena akan menimbulkan warna pekat keunguan pada nasi, dan menimbulkan rasa langu pada nasi," ujar Nia wardhani, marketing communication Best Western Premier Bandung.

Setelah nasi matang, kemudian disishkan dan didinginkan. Lalu, Anda bisa mencoba membuat nasi uduk berwarna putih dengan cara yang sama tanpa buah bit.

Setelah itu, nasi dicetak dengan cetakan tumpeng. Pertama dalah memasukkan nasi berwarna merah pada puncak kerucut. Tipsnya, padatkan nasi agar bentuknya kokoh dan cantik. Setelah itu, lapis dengan nasi putih, dan lakukan yang sama untuk cetakan bagian bawahnya.

Setelah nasi selesai dicetak, kemudian ditumpahkan pada nampan. Kemudian, Anda bisa menghaisnya dengan lauk pauk pelengkap dan garnish dari tomat dan mentimun.

Pada menu tumpeng merdeka di hotel yang berlokasi di Jalan Merdeka, Ban dung itu terdapat lauk pauk khas nasi liwet sunda seperti gepuk sapi, ayam bakar manis, urap sayuran, tahu dan tempe goreng, perkedel, kering tempe teri, sambal dan lalapan, serta udang goreng serundeng yang spesial.

Anda bisa gunakan teknik memasak a la hotel ini terutama untuk daging ayam dan sapi. Yakni daging diungkep setelah sebelumnya dimarinasi dengan banyak bumu. Kemudian diungkep dengan dimatangkan oleh uap air, bukan direbus, agar bumbunya meresap namun teksturnya tidak hancur.

Jika ingin mencoba menu tumpeng merdeka ini, Anda bisa datang bersama satu orang lainnya, karena tumpeng ini bisa disantap bahkan hingga 3 orang. Nia mengatakan, pemesanan tumpeng merdeka sudah dipaketkan dengan dua puding dan dua smoothis strawberry yang juga dibuat dengan layer warna merah dan putih.
 

2. Ganti nasi dengan mie

Bosan dengan nasi sebagai bahan tumpeng, Anda juga bisa berkreasi dengan mie goreng lho. C aranya, buat terlebih dahulu mie gorengnya, bisa juga ditambahkan sambal untuk mencapai level pedas tertentu. Siapa tahu juri akan tertarik dengan kreasi seperti ini.

Setelah jadi, mie goreng (biasanya mie instan) dicetak dengan cetakan tumpeng. Pastikan dibuat padat agar tidak hancur saat dibalik.

Kemudian lengkapi dengan lauk pauki. Tak harus sama dengan menu liwet, bisa juga diganti dengan sosi dan nugget goreng, telur ayam dan telur puyuh rebus, bakso sapi dan ikan, serta ayam goreng krispi.

Kreasi tumpeng mie ini bahkan bisa menarik perhatian anak-anak dengan harum dan lauk pauk yang rata-rata disenangi mereka. Jangan lupa hias tumpeng mie dengan bendera merah putih pada tusuk gigi, atau dengan menulis nama lomba dengan saus tomat pada mie.

Jika Anda belum yakin untuk mencobanya sendiri, bisa pesan ke akun Instagram @tot.aw yang merupakan spesialis pembuat sajian dari mie instan.
 

3. Tumpeng nasi goreng

Kali ini kreasinya tetap dengan nasi, namun merupakan nasi goreng. Anda terlebih dahulu dapat membuat nasi goreng dengan bumbu andalan masing-masing. Bisa gunakan kencur, atau ikan asin sebagai penambah rasa nikmat.

Setelah matang, nasi dicetak dan dipadatkan dalam cetakan. Kemudian ditaruh di atas nampan. Seperti yang terlihat pada gambar yang dapat dipesan ke Liexandra shop melalui blog felisitasaryani.wordpress.com.

Dan lalu siapkan pelengkapnya. Anda bisa berkreasi banyak di sini. Misalnya dengan kering kentang pedas, ayam suir kecap yang ditumis sebelumnya, irisan telur dadar, telur puyuh bacem, tahu dan tempe bacem, atau ikan asin goreng.

Sila berkreasi dengan tumpeng masing-masing ya. Semoga idenya menginspirasi.***

Bagikan: