Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 27.8 ° C

Inspirasi Kuliner Merah Putih Jelang 17 Agustus

Gita Pratiwi
ES Yin Yang Merah Putih, salah satu inspirasi kuliner merah putih untuk meramaikan HUT ke 74 Republik Indonesia. Menu ini bisa ditemukan di Platform 78, Kota Bandung.*/GITA PRATIWI/PR
ES Yin Yang Merah Putih, salah satu inspirasi kuliner merah putih untuk meramaikan HUT ke 74 Republik Indonesia. Menu ini bisa ditemukan di Platform 78, Kota Bandung.*/GITA PRATIWI/PR

SEMARAK peringatan Hari Kemerdekaan RI sudah muncul di mana-mana. Umbul-umbul, bendera, dan sejumlah pernak-pernik lainnya menonjolkan nuansa yang kental dengan merah putih. Tidak ketinggalan di bidang kuliner, nuansa merah putih hadir untuk memeriahkan HUT ke 74 RI. 

Di Platform 78, misalnya. Kafe yang juga beroperasi sebagai work space di Jalan Dayang Sumbi Kota Bandung ini, menyajikan masakan nusantara spesial, di samping minuman yang disajikan dengan warna merah dan putih. 

"Menunya sebetulnya yang sudah ada tanpa menu khusus 17-an. Tapi yang sudah ada kita create untuk menyambut hari kemerdekaan," kata Yanyan, juru masak di kafe tersebut. 

Seperti minuman Yin Yang, yang terbuat dari soda rasa stroberi yang dicampur susu. Dengan teknik penyajian tersendiri bisa jadi inspirasi untuk menyajikan kuliner merah putih di rumah.

"Sifat soda yang menahan air susu di atasnya supaya tidak mudah tercampur. Jadi ditambah soda bening. Sehingga sebelum dikocok tetap akan terlihat merah dan putih," katanya. 

Makanan Indonesia spesial hari kemerdekaan juga ada iga bakar nusantara, ayam geprek pedas, dan risoles 78. 

Sementara di Arion Swiss Bell Hotel Bandung, nuansa merah putih disemarakkan dengan hadirnya menu makanan penutup spesial. Jelly cheesecake warna merah dan putih dihias dengan cokelat putih dan potongan buah stroberi. 

Selain itu, ada juga red in velvet, yang merupakan sajian minuman, dengan rasa red velvet

“Ya semoga ini bisa menjadi bukti bahwa sampai saat ini kita juga masih berjuang di bidang kita masing-masing untuk memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta kita ini, ” ujar Jo, Executive Chef Arion Swiss-Belhotel Bandung.***

 

Bagikan: