Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Hujan singkat, 29.4 ° C

HUT ke-74 RI, Jajal Kuliner Paella Khas Spanyol dengan 5 Varian

Gita Pratiwi
PAELLA, kuliner khas Spanyol. Bedanya dengan nasi, paella merupakan beras yang direbus 17 menit dengan bumbu, tanpa dikukus.*/GITA PRATIWI/PR
PAELLA, kuliner khas Spanyol. Bedanya dengan nasi, paella merupakan beras yang direbus 17 menit dengan bumbu, tanpa dikukus.*/GITA PRATIWI/PR

PAELLA, sajian khas Valencia Spanyol, dipilih Chef Alvaro Utiel untuk turut merayakan HUT ke-74 RI, 17 Agustus 2019. Ia menyajikan lima varian paella pada hari tersebut, di Fresco Restaurant Hotel Hilton Bandung. 

Dalam sepekan ia memang membawakan set spesial Spanyol yang berbeda setiap harinya. Mulai dari seafood, steak, pasta dan beras, BBQ brunch, dari 14-20 Agustus 2019. Pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019 ia pun menyajikan set Paella Kemerdekaan. 

Menurut Chef Alvaro, paella mirip seperti nasi, olahan beras dari Indonesia. "Seperti nasi berwarna saus sofrito. Saus yang terbuat dari bawang bombai, bawang putih, cabai, dan bunga safron. Tapi kali ini saya tidak pakai bunga safron karena akan mengubah warna," ujarnya, Rabu, 14 Agustus 2019. Ketika itu ia menyajikan paella dengan seafood, dengan warna alami bawang. 

Bedanya dengan nasi, paella merupakan beras yang direbus 17 menit dengan bumbu, tanpa dikukus. 

"Jika pada hari lain hanya satu paella, di hari Kemerdekaan Indonesia saya aajikan lima jenis paella. Dengan berbagai topping yang ada. Seafood, cumi, ayam dan bebek, sayuran. Nah yang kelima ini disajikan seperti paella berkuah," katanya. 

Penjelajahan seorang koki internasional, tentu menjadi sebuah pencapaian luar biasa dalam kariernya. Namun apa yang menjadi ciri khas negara asalnya, jadi kebanggaan di setiap performa masaknya. Begitu juga yang dialami Alvaro koki asal Catalonia ini.

Baru delapan bulan ini, ia menginjakkan kaki di Indonesia, dengan menjabat Sous Chef di Sea Grain Restaurant di Jakarta. Lulusan Institut Joan Ramon Benapres Barcelona ini sebenarnya mulai memasak di restoran milik ayahnya. Kemudian bekerja di restoran-restoran, di berbagai kota di Spanyol. Salah satunya kemudian dapat predikat salah satu dari 50 restoran terbaik di Barcelona.

Ia juga sempat melanglangbuana hingga Shanghai Republik Rakyat Tiongkok sebelum bertolak ke Jakarta. Menurut dia, resep khas yang tidak pernah ia lewatkan dalam setiap keikutsertaannya di berbagai restoran ialah, paella. 

"Kenapa paella? Itu sama jawabannya dengan kenapa orang Indonesia suka nasi goreng. Saya lahir sudah memakan paella," kata dia.***

Bagikan: