Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 27.8 ° C

Terpaut Lima Dekade, Edisi Khusus Abbey Road Milik The Beatles Akhirnya Dirilis

Huminca Sinaga
PENGGEMAR berfoto dengan pose menyeberangi Abbey Road, London, menyerupai sampul album Abbey Road milik The Beatles, 8 Agustus 2019.*/REUTERS
PENGGEMAR berfoto dengan pose menyeberangi Abbey Road, London, menyerupai sampul album Abbey Road milik The Beatles, 8 Agustus 2019.*/REUTERS

RATUSAN orang berkumpul di zebra cross paling terkenal di dunia di Abbey Road, London, pekan lalu, untuk memperingati 50 tahun sejak The Beatles menciptakan sampul album paling terkenal dalam sejarah, dan banyak ditiru oleh para penggemar hingga saat ini.

Gambar John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr yang sedang melangkah di atas penyeberangan pejalan kaki di Abbey Road ini diambil di luar EMI Recording Studios, tempat dimana mereka membuat album dengan nama yang sama tahun 1969.

Seperti dilansir Reuters, untuk memeriàhkan peringatan tersebut, perusahaan rekaman Apple Corps / Capitol / UMe juga akan merilis sebuah album khusus Abbey Road, yang menampilkan campuran baru dari 17 lagu dalam stereo, 23 rekaman sesi dan demo yang akan dirilis pada 27 September tahun ini.

Fotografer Skotlandia Iain Macmillan mengambil enam foto saat band The Beatles menyebrang. Foto yang kelima digunakan sebagai sampul album studio band ke-11 mereka yang dirilis pada 26 September 1969 lalu.

Foto menunjukkan Lennon dengan balutan jas putih berada paling depan. Starr mengenakan jas hitam sementara McCartney bertelanjang kaki dan memegang rokok. Harrison memakai denim biru. Sebuah Volkswagen Beetle terparkir di belakang.

 

Pekàn lalu, mobil VW Beetle kembali ke tempat tersebut. Arus lalu lintas merayap di sepanjang jalan yang ramai akibat penggemar berparade di persimpangan yang dicat hitam putih untuk foto-foto suvenir.

"Orang dalam" Beatles dan mantan eksekutif Apple Records, Tony Bramwell mengatakan, tidak ada seorang pun pada saat itu yang menyadari Abbey Road akan menjadi salah satu rilisan terakhir dari The Beatles.

Let It Be adalah album Beatles terakhir, tetapi sebagian besar direkam sebelum Abbey Road.

Dia mengatakan, ide asli untuk foto itu adalah milik McCartney. Saat ditanya mengapa McCartney bertelanjang kaki yang menjadi topik perdebatan tak berujung bagi para penggemar, ia menjawab “Cuacanya panas sekali”.

Unik

Abbey Road, yang terpilih sebagai album Beatles terbaik oleh pembaca Rolling Stone pada 2009, adalah satu-satunya dari album asli Inggris yang tidak menunjukkan nama band maupun judul album di sampulnya.

Album ini adalah album terakhir yang direkam oleh keempat anggota band bersama-sama, dan memiliki lagu yang ditulis oleh masing-masing personel, termasuk Come Together oleh Lennon, Here Comes the Sun oleh Harrison, Maxwell's Silver Hammer oleh McCartney, dan Starr dalam Octopus's Garden.

Anggota parlemen Louise Ellman yang mewakili Liverpool Riverside, mengatakan dia turun untuk bergabung dengan perayaan tersebut.

“Semua orang di Liverpool adalah penggemar berat The Beatles dan terpesona oleh kisah mereka dan bagaimana mereka memulai sebagai anak laki-laki lokal yang bermain-main dengan gitar dan musik, dan menjadi idola internasional,” kata Ellman.

Maggie Younis, pria 43 tahun asal Fort Wayne, Indiana, mengaku telah mengambil foto bersama McCartney di luar studio ini 22 tahun yang lalu ketika ia mengikuti walking tour Beatles.

Ia bergabung pada Kamis kemarin dengan temannya Dawn Rigby, yang berada di tur yang sama. "Kami bertemu malam itu menunggu Paul dan keluar dia datang," katanya.

Kurang dari setahun setelah Abbey Road dirilis, band musik rock terlaris ini bubar dan mengakhiri revolusi musik selama satu dekade yang mengubah arah musik populer.

Studio-studio yang kemudian dinamai Abbey Road, dan persimpangan zebra cross di London utara, telah diberikan status dilindungi oleh pemerintah London pada tahun 2010.***

Bagikan: