Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.1 ° C

Film Home Alone Akan Dibuat Ulang, Masih Sesuaikah dengan Zaman?

Huminca Sinaga
CUPLIKAN film "Home Alone" yang dirilis tahun 1990.*/NBCNEWS.COM
CUPLIKAN film "Home Alone" yang dirilis tahun 1990.*/NBCNEWS.COM

APABILA anda kesal dengan film-film remake, bisa jadi Anda juga tidak akan senang dengan rencana Disney yang akan membuat ulang sejumlah film lawas box office. Film-film tersebut akan disiarkan Netflix yang sudah punya kesepakatan bisnis dengan Disney. 

Namun, jika anda suka melihat film tentang bocah yang tanpa pengawasan orangtua dan berusaha mempertahankan rumahnya dari pencurian, anda beruntung. Film itu akan dirilis ke enam kalinya dalam 29 tahun terakhir. Tepatnya, sejak film itu dibuat kali pertama pada 1990.

Dilansir NBC News pekan lalu, CEO Disney, Bob Iger, mengatakan bahwa perusahaannya berencana untuk me-reboot film "Home Alone" untuk berada di layanan streaming mendatang, Disney+. “Home Alone” adalah sebuah waralaba yang diperolehnya setelah mengakusisi perusahaan 20th Century Fox senilai 71,3 milliar dollar.

"Kami juga sedang berfokus pada pemanfaatan perpustakaan besar judul-judul hebat milik Fox untuk lebih memperkaya campuran konten pada platfom [langsung ke konsumen] kami," ujar Iger.

Ia pun mengungkapkan rencana untuk me-reboot waralaba Fox lainnya. Misalnya "Night at the Museum", "Diary of a Wimpy Kid", dan "Cheaper by the Dozen" untuk konsumen "para generasi baru."

Disney+, yang akan memulai debutnya pada bulan November, akan menampilkan film-film dan acara-acara dari katalog favorit animasi yang luas dari Disney. Selain itu, akan ada judul-judul populer dari Pixar, Star Wars, dunia Marvel, serta National Geographic.

Remake “Home Alone” tidak sesuai dengan jaman

MACAULAY Culkin.*/TWITTER

Berita tentang reboot "Home Alone" ini telah membuat gundah-gulana perasaan para pengguna Twitter. Mereka memohon kepada Disney untuk menjaga film versi 1990 tersebut tetap asli.

Para penggemar mengunggah sebuah file GIF dari Macaulay Culkin dengan ekspresi kecemasan mereka. Salah satunya, seperti dicuitkan pengguna akun @twitterMomments yang menuliskan: "Beberapa orang tidak sepenuhnya senang dengan kemungkinan pembuatan ulang Home Alone, Night at the Museum, Cheaper by the Dozen dan Diary of a Wimpy Kid." Dalam cuitan tersebut dilampirkan juga gambar Macaulay Culkin dengan ekspresi terkejut.

Bahkan, Culkin sendiri bergabung dengan para penggemar dengan mengunggah sebuah foto dirinya dengan apa yang dia pikirkan tentang reboot "Home Alone". Lewat cuitannya pada akun @IncredibleCulk, sang aktor mengatakan, "ini adalah yang akan terlihat sesungguhnya di film terbaru Home Alone," dengan disertai gambar dirinya sedang berada di depan laptop sambil makan.

Para pengguna Twitter mengunggah ide-ida mereka terkait pembuatan ulang “Home Alone” dari film aslinya yang dibintangi Culkin. Film laris tersebut berkisah soal aksi seorang anak yang melawan dua pencuri setelah orangtuanya secara ceroboh meninggalkan dirinya di rumah selama mereka berlibur. 

Konsensus yang muncul di benak para pengguna Twitter adalah, apakah pemikiran dasar tersebut akan bekerja di era teknologi smartphone dan aplikasi transportasi daring. Akun @FelichiaEaton bahkan mengunggah cuitan "Bagaimana anda akan membuat ulang film #HomeAlone ketika Kevin di 2019 dapat dengan mudah mengirim pesan kepada ibunya dan menyusulnya menggunakan Uber."

Brent Lang, seorang editor eksekutif di Variety, menyerang dengan pesan yang lebih serius. Dia tampaknya menyesali kenyataan bahwa kebangkitan "Home Alone" dipromosikan sebagai proyek streaming alih-alih dirilis dengan film tradisional yang memiliki banyak judul.

Cuitan Brent Lang di Twitter lewat akun @BrentALang berisi, "#Disney mengharapkan  pembuatan film ulang seperti Night at The Museum, Home Alone, Cheaper by the Dozen, Wimpy Kid sebagai program dari Disney+. Sebagian besar dari waralaba film dalam sejarah #Fox sekarang, tidak dapat lagi ditonton sebagai dengan layak. Waktu sudah berubah."***

Bagikan: