Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 29.6 ° C

Soundrenaline 2019 Siap Digelar 7-8 September di Bali

Windy Eka Pramudya
KIRI-kanan: Andhika Adiputra, Saleh Husein, dan Widi Puradiredja.*/DOK. STUN INC.
KIRI-kanan: Andhika Adiputra, Saleh Husein, dan Widi Puradiredja.*/DOK. STUN INC.

 

MENGUSUNG tema The Spirit Of All Time, Soundrenaline 2019 siap digelar 7-8 September 2019. Puluhan musisi serta seniman akan memeriahkan festival musik yang diadakan di Garuda Wisnu Kencana, Bali tersebut.

Musisi yang dijadwalkan akan tampil antara lain Seringai, Barasuara, Padi Reborn, Glenn Fredly, Kelompok Penerbang Roket, Kunto Aji, Mocca, The SIGIT, Ardhito Pramono, Fiersa Besari, RAN, Jamrud, Kahitna, HiVi!, Dipha Barus, Efek Rumah Kaca, dan Maliq & D' Essentials. Selain dari dalam negeri, ada pula penampilan band dari Inggris, Suede, Gym & Sym dari Thailand, dan Jambinai dari Taiwan.

Kurator musik Soundrenaline 2019 Widi Puradiredja mengungkapkan, di tahun ke-17 penyelenggaraannya, Soundrenaline ingin menghadirkan semangat kolaboratif, progresif, dan tontonan yang menghibur dalam satu paket. Di empat panggung yang tersedia akan terjadi banyak kolaborasi musik dan karya seni. Selain itu, banyak konten yang menyampaikan pesan tentang sesuatu yang tak lekang dimakan waktu.

"Para musisi dari Indonesia sangat mewakili segala jenis musik dan lintas generasi. Seperti tahun lalu, kami tetap mengundang musisi dari Asia Tengara seperti Thailand dan Filipina, karena Soundrenaline merupakan salah satu festival musik terbesar di Asia Tenggara," tutur Widi pada jumpa wartawan di Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2019.

Widi menyebutkan, memilih musisi untuk tampil di Soundrenaline 2019 cukup sulit. Dia memilih nama-nama besar berdasarkan permintaan yang cukup tinggi, dan nama baru yang punya potensial. Widi juga melihat band atau solois yang punya kekuatan aksi panggung.

"Saat ini di industri musik Indonesia lagi banyak band dan musisi yang muncul. Mereka bisa mendapat streaming berjuta-juta. Akan tetapi, bagaimana live performance-nya? Soalnya di digital semua bisa direkayasa," ungkap Widi yang dikenal sebagai drummer Maliq & D' Essentials.

Menurut Widi, memiliki materi musik yang bagus dan penampilan di panggung yang kuat menjadi modal awal untuk bertahan di industri musik. Untuk itulah, dia mencari yang seperti untuk tampil di Soundrenaline 2019.

Dia menyebutkan, di Soundrenaline 2019 akan ada beberapa kolaborasi spesial antara musisi. Salah satunya Mocca dan Ardhito Pramono. Selain itu, ada satu lagi nama band internasional yang akan segera diumumkan.

Satukan segala elemen seni

Selain penampilan musik, Soundrenaline 2019 juga menghadirkan aktivitas yang berkaitan dengan seni rupa dan instalasi. Para seniman akan menampilkan karya terbaik mereka yang menyatu dengan keseruan Soundrenaline 2019.

Art Director Soundrenaline 2019 Saleh Husein mengatakan, menarik karena di festival musik banyak komponen lain di bidang seni yang turut hadir. Misalnya seni visual, instalasi, dll. Hal ini menumbuhkan ekosistem seni yang kuat.

"Tahun lalu ada lima seniman yang terlibat, tahun ini 17 seniman, baik kelompok dan individu. Buat saya, saat ini masa keemasan kultural di Indonesia jadi patut dirayakan. Lihat saja, musik, film, dan seni rupa lagi bergerak semua," kata Saleh yang merupakan seniman sekaligus gitaris White Shoes & The Couples Company itu.

Saleh menyebutkan, seniman yang terlibat antara lain Aswino Aji dan Eko Nugroho. Mereka mengelola artistik panggung. Ada pula Isha Hening yang mengatur visual di panggung. Para seniman ini, kata Saleh, dikurasi berdasarkan praktik kerja artistik mereka.

"Soundrenaline yang telah menjadi festival terbesar di Asia Tenggara yang konsisten menghadirkan berbagai kolaborasi unik dan progresif. Di tahun ini ada empat elemen seni yang akan mewarnai area Garuda Wisnu Kencana yaitu kontemporer, media baru, pop, dan street art," ujar Saleh.

Festival berkelas yang tak lekang waktu

Andhika Adiputra dari Level 7 selaku penyelenggara Soundrenaline 2019 mengungkapkan, Soundrenaline 2019 menghadirkan semangat The Spirit of All Time pada 7-8 September 2019 mendatang. Semua elemen penunjang, seperti pemilihan line up, dan bagaimana menyajikan penampilan musik megah dan artistik telah dirancang sedemikian rupa bersama para pelaku profesional di industri kreatif. Tak hanya sederet musisi berbakat yang terlibat, tapi juga para figur ternama akan berkolaborasi demi menyuguhkan timeless festival experience.

"Di tahun ke-17 ini, kami yakin Soundrenaline akan semakin berkesan. Soalnya, semangat yang tinggi dari para insan kreatif tanah air terus berekspresi dan menginspirasi," kata Andhika.***

Bagikan: