Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Umumnya cerah, 24.3 ° C

Minum Air Tak Harus Dua Liter Sehari

Huminca Sinaga
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

MINUM air seringkali dianggap remeh karena dianggap hal yang biasa.

Meskipun ada pendapat mengatakan bahwa optimalnya kita butuh 8 gelas air minum sehari. Pendapat ini tampaknya terlalu berlebihan bagi kebanyakan orang, hampir 2 liter.

Awal tahun ini, sejumlah ahli mengungkapkan bahwa pendapat itu tidak tepat.

Jessica Fishman Levinson, pendiri perusahaan konseling nutrisi Nutritioulicious, tak setuju dengan aturan dua liter air minum per hari tersebut.

“Kebutuhan cairan bervariasi antara individu berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan bahkan di mana kita tinggal," ujarnya seperti dilansir laman MSN akhir pekan lalu.

Faktor-faktor ini dapat mencakup aktivitas harian dan memengaruhi seberapa banyak air yang kita butuhkan setiap hari.

Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita idealnya minum 2,7 liter air per hari, meskipun hal ini tidak diharuskan.

Faktanya, semua cairan diperhitungkan dari asupan, termasuk cairan dari makanan yang kita konsumsi.

Kebanyakan orang hanya minum saat merasa haus yang menyebabkan mereka tidak mendapat asupan yang cukup untuk kebutuhan air mereka.

“Tubuh kita menyerap air dari makanan seperti halnya cairan," ujar Levinson.

Contohnya, yaitu buah-buahan dan sayuran. Akan tetapi, ada juga beberapa makanan dan minuman yang malah meningkatkan jumlah air yang kita butuhkan.

Levinson menambahkan “Makanan dan minuman yang memiliki efek diuretik, seperti alkohol dan asparagus, dapat membuat kita mengeluarkan banyak air sehingga kita membutuhkan air (pengganti) yang banyak juga.” 

Makanan ataupun minuman dengan kadar natrium atau asin yang tinggi juga dapat menyebabkan haus karena tubuh kita menahan air.

Tip umum untuk mengukur asupan air yang sehat masih terbukti benar, seperti warna urin dan rasa haus alami.  Namun, lebih baik lagi jika kita melihat tanda-tanda dehidrasi yang tidak biasa saja, seperti merasa sangat lapar, sakit kepala ringan, otot lemah atau kram, dan bau mulut dari mulut kering. ***

 

Bagikan: