Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.8 ° C

Australia dan Jepang Sembunyikan Fitur ‘Like’ Instagram

Huminca Sinaga
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

SYDNEY, (PR).- Pengguna Instagram Australia tidak lagi dapat melihat jumlah ‘Like’ pada unggahan foto dan video di Instagram mereka. Hal serupa juga akan segera dirasakan para pengguna Instagram di Selandia Baru, Jepang, Irlandia, dan Brazil.

Seperti dilaporkan The Guardian,  tim Instagram pada Kamis pekan lalu sudah menguji coba penghapusan jumlah ‘Like’ foto dan tontonan video pada beranda dan profil pengguna.

Pengguna akan tetap dapat melihat daftar pengguna yang menyukai satu unggahan, tetapi tidak bisa melihat jumlah total penyuka unggahan tersebut.

Pengguna yang menggunakan akun bisnis seperti influencer  masih bisa menggunakan fitur ‘insight’ untuk mengetahui jumlah ‘Like’ mereka. Karena instagram tidak mengubah sistem yang ada untuk pengguna ini, dan Instagram Metric tetap tersedia.

Keputusan ini dilakukan agar pengguna tidak lagi melihat  unggahan sebagai suatu kompetisi. Intinya, Facebook yang juga memiliki Instagram, ingin para pengguna dapat menghargai setiap pengguna dalam berbagi foto dan video.

Mia Garlick, Direktur Kebijakan Publik Facebook Australia bertutur, “Kami harap melalui penghapusan jumlah ‘Like’ ini pengguna instagram lebih tidak merasa harus menyukai unggahan tertentu, kemudian dapat menghargai unggahan dan tentu lebih banyak memposting hal-hal yang benar-benar mereka sukai.” 

“Kita uji fitur ini di Australia agar orang-orang dapat mengambil pelajaran. Hal ini dan memberikan banyak pengalaman di instagram. Juga dapat membantu orang-orang tidak terpaku terhadap jumlah ‘Like’ dan lebih banyak berbagi cerita mereka," ujar Mia menjelaskan.

Sebelumnya, percobaan ini telah dilakukan di Kanada pada bulan Mei lalu, dan akan di perluas sampai Selandia Baru, Jepang, Irlandia, dan Brazil.***

Bagikan: