Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

Prambanan Jazz Festival 2019 Kolaborasikan Musik dan World Heritage

Windy Eka Pramudya
SUASANA konferensi pers penyelenggara dan sebagian penampil yang akan mengisi Prambanan Jazz festival 2019 di Hotel Tentrem, Kamis, 4 Juli 2019. Acara tahunan ini akan diadakan 5-7 Juli 2019 di kompleks Candi Prambanan.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
SUASANA konferensi pers penyelenggara dan sebagian penampil yang akan mengisi Prambanan Jazz festival 2019 di Hotel Tentrem, Kamis, 4 Juli 2019. Acara tahunan ini akan diadakan 5-7 Juli 2019 di kompleks Candi Prambanan.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

MENGUSUNG tema Music Heritage Extraordinary, Prambanan Jazz Festival 2019 siap diadakan akhir pekan ini. Kecantikan dan kemegahan Candi Prambanan di Yogyakarta akan menjadi latar belakang aksi para musisi selama tiga hari, yaitu 5, 6, dan 7 Juli 2019.

Di tahun kelima penyelenggaraannya, Prambanan Jazz Festival akan menampilkan para musisi Indonesia dan internasional. Dari Indonesia akan tampil antara lain GAC, Tashoora, Danilla, Sisitipsi, Yura, Ardhito Pramono, Calvin Jeremy, Jogja Hip-Hop Foundation Jazz Version, Langit Sore, Pusakata, Yovie and His Friends, Rida Sita Dewi, Ari Lasso, Tulus, dan Glenn Fredly. Sementara itu, dari mancanegara dijadwalkan akan tampil Calum Scott dan Alex Mercado.
 

Selain kelas pertunjukan festival, Prambanan Jazz Festival 2019 juga akan menghadirkan tiga pertunjukan spesial. Pada Sabtu, 6 Juli 2019, akan tampil musisi asal Yunani, Yanni. Pada Minggu, 7 Juli 2019 akan tampil Anggun dan Brian McKnight.

CEO Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi selaku penyelenggara mengungkapkan, secara umum, Prambanan Jazz Festival memadukan dua karya seni tinggi, yaitu Candi Prambanan dan musik yang tak biasa. Di tahun ini, kata Anas, misinya adalah mendekatkan milenial dengan salah satu world heritage, yaitu Candi Prambanan.

"Musik menjadi salah satu cara efektif untuk mengajak milenial agar mengenal salah satu world heritage. Makanya di hari pertama Prambanan Jazz yaitu, Jumat, 6 Juli 2019, banyak ditampilkan musisi yang dekat dengan milenial seperti Calum Scott dan GAC. Responsnya luar biasa, karena tiketnya hampir habis," tutur Anas pada jumpa wartawan di Hotel Tentrem Yogyakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

Anas menyebutkan, di hari kedua, musisi Yanni akan tampil dalam format orkestra. Yanni merupakan komposer andal yang memainkan musik instrumental memakai piano.
Dia dikenal kerap tampil di sejumlah landmark budaya heritage seperti Taj Mahal, India, Tembok Besar Cina, dan Acropolis Yunani. Di Prambanan Jazz Festival 2019, Yanni akan tampil dengan latar belakang keindahan Candi Prambanan.

Sementara itu, penyanyi Anggun akan tampil dalam format full band. Terakhir, Brian McKnight yang dikenal dengan lagu-lagu cintanya tampil dalam konsep aransemen jazz.
Sebagai promotor dan founder Prambanan Jazz Festival, Anas mengaku senang karena tahun ini bisa bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Hal ini menjadi bukti keseriusan stakeholder untuk turut mempromosikan world heritage.

"Mudah-mudahan Prambanan Jazz Festival mendapat respons makin baik. Di tahun kelima ini, kami menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu. Hal ini bisa dilihat dari komentar positif di media sosial," ujar Anas.

Musisi asal Inggris, Calum Scott mengatakan, dia senang bisa tampil di Prambanan Jazz Festival. Menurut dia, Candi Prambanan adalah tempat yang cantik. "Aku akan tampil bersama band. Aku akan bawakan materi dari album yang sudah dirilis. Menurutku penonton Indonesia sangat apresiatif. Mereka bernyanyi lebih keras daripada saya," ucap pelantun You Are the Reason ini.

Personel Tashoora, Gusti Arirang mengatakan, dia dan bandnya senang bisa tampil di Prambanan Jazz Festival 2019. Soalnya selain mereka, banyak musisi lain asal Yogyakarta turut tampil. Ini membuat awak Tashoora tak hanya menjadi tamu, tapi merasa tampil di rumah sendiri. "Di Prambanan Jazz kami akan membawakan beberapa materi baru. Materi baru ini perdana dibawakan di depan publik," ujar Gusti.

Gamaliel Tapiheru dari GAC juga mengaku senang karena untuk pertama kalinya bisa tampil di Prambanan Jazz Festival. Biasanya dia hanya melihat keseruan festival musik itu di media sosial. "Kami memang bukan musisi jazz. Akan tetapi, kami senang dikasih kesempatan untuk tampil di Prambanan Jazz. Kami akan menampilkan yang terbaik di panggung besok," ujar Gamaliel.***

Bagikan: