Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Cerah berkabut, 31.2 ° C

Belum Lengkap ke Pantai Carita Tanpa Makan Otak-otak Tenggiri

Tim Pikiran Rakyat
KULINER di Pantai Carita yang paling banyak dicari wisatawan, yakni otak-otak tenggiri.*/ADE TAUFIK/KABAR BANTEN
KULINER di Pantai Carita yang paling banyak dicari wisatawan, yakni otak-otak tenggiri.*/ADE TAUFIK/KABAR BANTEN

PANDEGLANG, (PR).- Salah satu kuliner khas daerah pesisir pantai Carita, yang menjadi buruan pengunjung adalah otak-otak ikan tenggiri. Otak-otak khas pesisir pantai Pandeglang itu, memang sudah dikenal wisatawan dari beberapa daerah.

Dari data yang dihimpun wartawan Kabar Banten, Ade Taufik, produsen otak-otak sehari bisa menghabiskan dua ribu buah. Namun pada musim tertentu, seperti liburan Lebaran, jumlah penjualan otak-otak ikan tenggiri akan lebih banyak lagi.

Salah seorang pedagang otak-otak, Akew mengatakan, dirinya memastikan penjualan otak-otak pada musim liburan seperti saat ini bisa mencapai ribuan. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, permintaan akan otak-otak ikan tenggiri pada libur Lebaran meningkat tajam. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Carita, sambil menikmati kuliner otak-otak.

"Untuk penjualannya sendiri, memang saat ini masih belum bisa terhitung. Untuk perhitungan pastinya nanti pada hari ke sepuluh baru bisa kelihatan berapa jumlah yang terjual dan sudah diproduksi," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk pembuatan otak-otak dilakukan oleh dirinya sendiri secara home industri. Sedangkan untuk penjualannya bisa dijajakan di rumah makan miliknya dan dijual oleh para pedagang asongan di pantai.

"Kita membuat otak-otak sendiri. Kita juga kadang menjual ke pedagang, tapi untuk saat ini kita menjual di rumah makan saja. Di rumah makan ini, otak-otak termasuk menu yang paling banyak dicari," katanya. 

Seorang pedagang asongan, Ade menuturkan, otak-otak di Pantai Carita memang agak beda dengan daerah lain. Otak-otak menggunakan ikan tenggiri asli. Pasti akan terasa ikannya, dan mereka yang sudah langganan akan merasakan sensasi yang berbeda.

"Alhamdulillah, sampai sekarang masih banyak wisatawan yang mencari kuliner otak-otak. Kami sebagai pedagang akan mendapatkan keuntungan yang besar kalau musim liburan tiba. Para wisatawan pun merasa belum ke Pantai Carita kalau tidak menikmati otak-otak tenggiri," ucapnya.***

Bagikan: