Pikiran Rakyat
USD Jual 14.289,00 Beli 14.191,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

4 Fakta Bunga Sedap Malam yang Identik dengan Lebaran

Okky Ardiansyah
BUNGA sedap malam/MRMIDDLETON
BUNGA sedap malam/MRMIDDLETON

SEMERBAK wangi bunga sedap malam yang tercium di seluruh penjuru pasar tradisional menjadi salah satu penanda bahwa Lebaran akan tiba dalam hitungan hari. Banyak orang rela berdesakan demi membawa pulang seikat bunga sedap malam sebagai pelengkap Lebaran.

Warna putih bunga bernama latin polianthes tuberosa itu dinilai melambangkan kesucian. Namun, di India, bunga sedap malam dianggap mampu menghadirkan kekuatan magis bagi setiap orang yang menghirupnya.

Sementara itu, masyarakat Jepang dan Hawai menyimbolkan bunga sedap malam sebagai cinta. Tak heran apabila di dua negara tersebut, bunga sedap malam kerap dipajang dalam pesta pernikahan. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lain soal bunga sedap malam.

Alasan wangi saat malam hari

Bunga sedap malam akan mengeluarkan aroma wangi dan mekar pada malam hari. Hal itu menyebabkan bunga sedap malam kerap disangkutpautkan dengan makhluk halus oleh masyarakat Indonesia.

BUNGA sedap malam/HOMEDEPOT

Berdasarkan sejumlah penelitian, semerbak wangi bunga sedap malam pada malam hari dipengaruhi proses fotosintensis. Saat proses fotosintesis berlangsung, kandungan minyak atsiri dalam bunga sedap malam akan menguap dan menyebarkan aroma khas.

Sementara menurut beberapa peneliti, bunga sedap malam masuk ke dalam kategori tanaman skototropisme. Tanaman skototropisme akan tumbuh dalam kegelapan atau dalam kondisi minim cahaya.

Berasal dari Meksiko

Bunga sedap malam sudah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur bersama Bekisar yang menjadi fauna indentitas provinsi tersebut. Maka, nama bunga sedap malam tak asing didengar masyarakat Indonesia.

Meski demikian, bunga sedap malam ternyata bukan tanaman asli Indonesia. Bunga tersebut berasal dari Meksiko. Bunga sedap malam masuk ke nusantara sejak datangnya bangsa Eropa dan Tiongkok.

Bahan dasar parfum

Daya tahan aroma bunga sedap malam tergolong tinggi. Meski tangkainya telah dipotong sependek mungkin, bunga sedap malam tetap mengeluarkan aroma wangi dan bertahan sekira 5 sampai 10 hari.

BUNGA sedap malam/WIKIPEDIA

Oleh karena itu, tak heran apabila bunga sedap malam dibudidayakan dan dimanfaatkan untuk bahan dasar parfum. Apalagi, semerbak bunga sedap malam dapat menghadirkan ketenangan bagi setiap orang yang menghirupnya.

Berkhasiat bagi kesehatan

Bunga sedap malam mengandung zat kimia berjenis sapogenin. Sapogenin merupakan zat kimia yang dapat menghilangkan bengkak dan menurunkan panas.

Kendati begitu, bagi Anda yang mengalami panas tinggi dan bengkak besar, tetap harus memeriksakan kesehatan ke dokter demi mendapatkan tindakan medis yang layak.***

Bagikan: