Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

The Rain Rilis Single Upaya Maksimal

Windy Eka Pramudya
*/DOK. HEAVY RAIN RECORDS
*/DOK. HEAVY RAIN RECORDS

SOLID selama 17 tahun sebagai band bukanlah hal yang mudah. Namun, The Rain sukses bertahan tanpa mengalami drama pergantian personel. Setelah merilis enam album, sejumlah single, dan menggelar konser tunggal berjudul Bioskop Hujan di akhir 2018, The Rain kembali dengan single baru.

Kali ini, mereka menawarkan nomor bertajuk Upaya Maksimal bersama label Heavy Rain Records. Lagu ini menjadi babak baru The Rain yang setia dihuni Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bas, vokal), dan Aang Anggoro (drum vokal).

Bagi The Rain, Upaya Maksimal menjadi karya ritual awal tahun. Soalnya, selama tiga tahun terakhir ini, The Rain selalu mengisi awal tahun dengan menggarap karya baru. Alasannya, di awal tahun jadwal panggung belum padat, sehingga mereka leluasa mengatur jadwal workshop dan rekaman.

"Saya menghabiskan hampir setiap pagi dengan menulis. Kadang hanya menjadi coretan, kadang menjadi lirik lagu baru. Sepanjang Januari dan Februari tahun ini beberapa lagu mentah lahir. Ini menjadi babak baru lagi untuk The Rain," kata vokalis Indra lewat pos-el, Selasa, 14 Mei 2019.

Dari beberapa lagu baru yang digarap, nomor Upaya Maksimal dipilih menjadi single perdana The Rain di tahun ini. Menurut Indra, pengerjaan lagu ini cukup unik, karena sebagian liriknya Indra tulis saat sedang duduk di perjalanan naik commuter line.

"Saya memang ke mana-mana bawa buku tulis kecil dan Pena. Di atas kereta adalah salah satu tempat yang ampuh bagi pikiran untuk berkelana," ungkap Indra.

Keunikan lainnya dari lagu Upaya Maksimal adalah untuk pertama kalinya The Rain menggunakan ukulele sebagai instrumen utama. Selain itu, mereka juga menambahkan mandolin. Dua instrumen ini membuat Upaya Maksimal terasa berbeda jika dibandingkan dengan lagu-lagu The Rain sebelumnya.

Dalam pengerjaan desain artwork untuk lagu ini, The Rain juga melakukan hal baru. Mereka mengirimkan lirik lagu Upaya Maksimal kepada lima orang ilustrator. Tanpa mendengar lagunya sama sekali, setiap ilustrator menginterpretasikan lirik lagu ke dalam bentuk visual.

Hasilnya, desain artwork yang sangat beragam. Seluruh artwork tersebut ditayangkan bertahap di Instagram The Rain satu bulan sebelum single Upaya Maksimal dirilis.
Untuk video klip, The Rain mengangkat cerita prekuel dari video klip Rencana Berbahaya, single The Rain yang dirilis satu tahun lalu. Di video klip Rencana Berbahaya diperkenalkan karakter Jono dan Mira yang merupakan sepasang sahabat.

Hubungan mereka menjadi rumit karena Jono jatuh cinta pada Mira. Video klip Upaya Maksimal akan tayang Jumat, 17 Mei 2019 atau satu pekan setelah single ini dirilis di seluruh platform musik digital.***

Bagikan: