Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Umumnya berawan, 15.9 ° C

Film Bebas Siap Tayang Oktober 2019 

Windy Eka Pramudya
*/MILES FILMS
*/MILES FILMS

SETELAH merampungkan proses syuting, film Bebas mengumumkan siap tayang Oktober 2019. Selain jadwal tayang, film besutan Riri Riza itu juga memperkenalkan para karakter yang mendukung film.

Karakter-karakter di film drama komedi Bebas dimainkan para aktor yang telah melewati proses casting, reading, dan latihan peran. Dari sekitar 400 orang, terpilih 11 tokoh utama, dan 24 tokoh pendukung film Bebas.

"Kurang lebih selama tiga bulan para pemain film Bebas berproses. Semua pemain punya pengalaman dan kepekaan yang baik. Cukup seru dan heboh mengingat film Bebas memegang rekor sebagai film produksi Miles Films dengan jumlah pemain terbanyak," tutur Riri lewat pos-el, Selasa, 14 Mei 2019.

Film Bebas menggabung dua dunia yang berbeda. Di dunia pertama, setting film berlatar belakang tahun 1995-1996, sedangkan di dunia kedua berlatar belakang tahun 2019. Untuk itulah, karakter film Bebas terbagi menjadi dua yaitu remaja dan dewasa.

Di sesi remaja, karakter utama film Bebas adalah Vina yang diperankan Maizura, Kris yang diperankan Sheryl Sheinafia, Jessica yang diperankan Agatha Pricilla, Suci yang diperankan Lutesha, Gina yang diperankan Zulfa Maharani, dan Jojo yang diperankan Baskara Mahendra.

Sementara itu, di sesi dewasa, Vina diperankan Marsha Timothy, Kris diperankan Susan Bachtiar, Jessica diperankan Indy Barends, Gina diperankan Widi Mulia, dan Jojo diperankan Baim Wong.

Selain para karakter utama, ada juga karakter pendukung remaja film Bebas, yaitu Lila (Amanda Rawles), Andra (Giorgino Abraham), Dedi (Brandon Salim), Jaka (Kevin Ardilova), Mia (Syifa Hadju), dan Yongki (Bisma Karisma). Ditambah dengan hadirnya Jefri Nichol, Timotius Juventus, Windy Apsari, Shindy Huang, Nada Novia, Cut Ashifa, dan Agnes Naomi.

Keterlibatan Amanda Rawls, Jefri Nichol, Giorgino Abraham, dan Syifa Hadju di film Bebas memberi warna khusus. Soalnya, mereka memainkan peran-peran yang sangat berbeda dan menantang.

Kehadiran pemain pendukung tidak hanya di sesi remaja, tapi juga saat dewasa. Para pemain pendukung dewasa film Bebas antara lain, Sarah Sechan, Tika Panggabean, Daan Aria, Edward Suhadi, Cut Mini, Oka Antara, Happy Salma, Dea Panendra, Darius Sinathrya, dan Reza Rahadian.

"Film ini memiliki cerita yang unik, karena menggambarkan dua masa dalam satu film. Rasanya kayak menggabungkan Ada Apa Dengan Cinta? 1 dan 2," ungkap produser Mira Lesmana.

Mira yang juga menulis skenario bersama Gina S Noer menyebutkan, film Bebas merupakan adaptasi dari film box office Korea Selatan, Sunny. Pada 2011, film ini meraih lebih dari tujuh juta penonton. Menurut Mira, proses adaptasi dan mentransformasi karakter-karakter khas Korea menjadi karakter-karakter khas Jakarta sangat mengasyikan.

Selain mengumumkan jadwal tayang dan karakter, Miles Films juga membocorkan satu soundtrack lagi yang akan memperkuat film Bebas. Setelah lagu Bebas dari Iwa K, Miles Films memilih lagu Kebebasan dari Singiku yang populer di tahun 1996 untuk menjadi soundtrack.

"Baik lagu Bebas dan Kebebasan diharapkan dapat menambah nuansa nostalgia yang akan hadir lewat film Bebas. Total akan ada sembilang lagu nostalgia, dan dua di antaranya sudah diungkapkan ke publik. Lagu-lagu hit dari era 1990-an lainnya, tunggu saja di film," ujar Mira.

Film Bebas merupakan produksi Miles Films dan CJ Entertainment bersama Ideosource Entertainment dan BASE Entertainment. Film ini mengisahkan tentang persahabatan enam orang remaja Jakarta di tahun 1995-1996 yang kemudian terpisah selama 23 tahun. Akankah reuni mereka menguak peristiwa penyebab terpisahnya mereka dulu?***

Bagikan: