Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Save Musisi Nasional Menggema di Open House Ardan

Windy Eka Pramudya
VIRZHA.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
VIRZHA.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

MENGUSUNG tema #SaveMusisiNasional, peringatan ulang tahun ke-29 Radio Ardan berlangsung meriah. Sejumlah musisi lintas genre tampil bergantian di depan ratusan penonton yang datang ke acara bertajuk Ardan Open House tersebut.

Berlangsung di Radio Ardan, Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Selasa, 30 April 2019, musisi yang hadir antara lain Ify Alyssa, Jaz, Trisouls, Nidji, Virzha, Geisha, Younglex, Risa Dimasta, Marcello Tahitoe, Ardhito Pramono, Mustache and Beard, Kotak, dan Ramengvrl.

Salah satu yang mendapat sambutan meriah adalah Virzha. Jeritan penonton terutama perempuan membahana sejak Virzha naik pentas. Jebolan Indonesia Idol itu sukses membuat penonton terbawa perasaan dengan tiga tembang cintanya. 

Tampil dalam format semiakustik, Virzha membawa penonton larut. Tiga tembang yang dibukukan berhasil membuat penonton menggelar karaoke massal. 

Petang itu, repertoar Virzha diisi dengan Optimis, Janji, dan Tentang Rindu. Di lagu Tentang Rindu, Virzha bahkan mengulang refrainnya sampai dua kali karena penonton yang belum puas. 

Interaksi Virzha dan penonton juga terbangun seru. Soalnya Virzha meminta penonton menyalakan lampu di telefon genggam untuk memberi efek titik-titik cahaya. Virzha tak lupa merekam momen itu untuk Instagramnya.

"Terima kasih untuk yang hadir hari ini. Buat saya kampanye #SaveMusisiNasional ini penting sekali, karena saat ini musisi Indonesia butuh dukungan. Salah satu caranya dengan mengunduh legal karya para musisi," kata Virzha.

Seusai Virzha, giliran band Kotak yang mengguncang pentas. Tanpa kehadiran pemain bas Chua, penampilan Tantri (vokal) dan Cella (gitar) tak kehilangan nyawa. Suara Tantri yang prima, ditambah aransemen dalam format akustik, membuat Kotak tetap ngerock.

Memasuki usia 15 tahun, Kotak tetap berenergi dan menyebarkan semangat positif. Untuk Ardan Open House mereka mengemas performa dengan tiga nomor, yaitu Terbang (Khayal), Beranikan Dirimu, dan Beraksi.

Lagu Beranikan Dirimu merupakan single terbaru Kotak yang dirilis Desember 2018. Pada April 2019, Kotak telah merilis videoklip lagu yang memotivasi untuk tak patah semangat dan berani menghadapi hidup ini. Di videoklip tersebut, Kotak berkolaborasi dengan Najwa Shihab, Reza Chandika, dan Daniel Mananta.

"Seru banget hari ini. Terima kasih sudah datang," ujar Tantri.

Menurut Tantri, tema #SaveMusisiNasional yang diusung mencerminkan situasi dunia musik Indonesia saat ini.

"Musisi itu punya jiwa bebas, perlu pagar yang melindungi. Tapi jangan sampai pagarnya membatasi musisi berkarya. Seperti beberapa waktu lalu ada wacana RUU Permusikan, jika lebih banyak tidak manfaatnya, buat apa," ungkap Tantri.

Pada Open House Ardan, sebelum ngerock bisa Kotak, tampil juga perempuan rapper, Ramengvrl. Musisi yang Baur merilis mixtape No Bethany ini menampilkan tiga nomor yang telah dirilis sebagai single. 

Aksi Ramengvrl dengan Out of Control, Whacumean, dan I Am Me sukses membuat penonton bergoyang. Di lagu I Am Me yang dirilis 5 April 2019 lalu, tak sedikit yang turut bernyanyi bersama Ramengvrl. 

PR & Promotions Radio Ardan Diki Irdan mengungkapkan, tema #SaveMusisiNasional berkaitan dengan Hari Musik Nasional, 9 Maret. Selain itu, tema ini juga menyorot isu wacana RUU Permusikan yang sempat menimbulkan polemik di awal 2019. 

"Kami sebagai media massa, dalam hal ini radio, ingin agar pendengar lebih mengapresiasi karya musisi nasional. Soalnya, antara pendengar dan musisi tidak bisa dipisahkan. Hadirnya para musisi yang tampil hari ini juga menjadi bentuk apresiasi antara pendengar dan musisi, karena terjadi interaksi langsung," kata Diki.

Untuk musisi yang tampil, kata Diki, Radio Ardan memilih antara lain musisi pendatang baru yang karyanya punya nilai. Selain itu, ada pula penyanyi atau band yang baru merilis karya baru.

"Pemilihan musisi yang tampil disesuikan dengan lagu yang sedang happening di radio. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami kepada musisi dan musik Indonesia," ujar Diki.***

Bagikan: