Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.2 ° C

Kecerdasan Buatan Sudah Prediksi Siapa Tokoh Game of Thrones yang Selamat dan Mati

Okky Ardiansyah
TOKOH Night King dalam serial Game of Thrones/HBO
TOKOH Night King dalam serial Game of Thrones/HBO

PERTANYAAN tentang siapa tokoh di serial Game of Thrones yang bertahan hidup dari serbuan pasukan zombie Night King akan berkelindan di benak penggemarnya manakala musim ke-8 atau terakhirnya dirilis.

Setiap penggemar tentu punya jawaban berbeba dan berharap jagoannya berhak mendapatkan Iron Throne. Apalagi jika merujuk pada kisah Game of Thrones sebelumnya, besar kemungkinan hanya ada satu tokoh yang bertahan hidup. Rasa penasaran para penggemar membuat serial yang ditayangkan HBO itu amat dinantikan.

Akan tetapi, tidak bagi sejumlah mahasiswa Technical University of Munich (TUM). Alih-alih merawat rasa penasaran, mereka justru menciptakan aplikasi untuk melihat kemungkinan tokoh Game of Thrones yang bertahan hidup sampai akhir cerita.

Dengan menyusun algoritma terukur, aplikasi yang mereka buat dapat memprediksi siapa saja yang mempunyai kans terbesar selamat dari serangan pasukan Night King. Tim tersebut menyusun algoritma berdasarkan data-data Game of Thrones yang tersebar di internet.

POTONGAN gambar trailer Game of Thrones season 8.*/HBO

Salah satu mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan aplikasi itu, Christian Dallago, mengatakan bahwa data yang mereka ambil berasal dari dunia fantasi, tetapi teknik yang mereka terapkan mirip dengan realitas seperti memasukan data demografi.

“Kami mengambil data seperti jenis kelamin dan usia tokoh kemudian kami menggabungkannya untuk melatih algoritma dan memberi tahu kapan tokoh yang bersangkutan akan mati,” ucapnya sebagaimana dilaporkan Reuters.

Saat digunakan, aplikasi tersebut mengungkapkan bahwa Daenerys Tagaryen memiliki presentase terbesar yang kemungkinan bertahan hidup pada akhir kisah Game of Thrones. Jaime Lannister dan Jon Snow mengekor di belakangnya.

Sementara tokoh yang paling dekat dengan kematian adalah Bronn, Sansa Strak, dan Bran alias Three Eye Raven. Para penggemar ketiga tokoh tersebut diharapkan agar tak berkecil hati karena musim tayang ke-8 baru dimulai.

Dasar kalkulasi

Associated Press melaporkan bahwa algoritma melakukan penghitungan yang mehasilkan data bahwa perempuan punya presentase hidup lebih besar dari pria. Pun dengan kaum bangsawan yang akan hidup lebih panjang dari rakyat biasa.

Faktor lain adalah pernikahan. Tokoh yang sudah menikah punya presentase lebih kecil untuk hidup daripada tokoh yang belum menikah. Dengan begitu, keluarga Lannister memiliki kans hidup lebih besar daripada keluarga Targayen.

Meski prediksi telah tersebar, rasa penasaran para penggemar Game of Thrones diprediksi tak akan tergerus. Karena, ada satu lagi yang mereka ingin buktikan yaitu apakah aplikasi tersebut benar-benar jitu dalam membangun prediksi.***

Bagikan: