Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Badai petir, 28 ° C

Ada Kaktus dan Telur Semut dalam Sensasi Rasa Orisinal Kuliner Meksiko

Vebertina Manihuruk
CHEF Julio Ortega memperlihatkan dua kreasi makanan dengan cita rasa orisinal Meksiko, yang menggunakan kaktus dan telur semut. Dua makanan ini dengan banyak lagi kreasi kuliner Meksiko disajikan untuk sajian buffet dinner di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatoto Subroto No. 289 Kota Bandung.*/VEBERTINA MANIHURUK/PR
CHEF Julio Ortega memperlihatkan dua kreasi makanan dengan cita rasa orisinal Meksiko, yang menggunakan kaktus dan telur semut. Dua makanan ini dengan banyak lagi kreasi kuliner Meksiko disajikan untuk sajian buffet dinner di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatoto Subroto No. 289 Kota Bandung.*/VEBERTINA MANIHURUK/PR

KAKTUS memang kita kenal sebagai pohon yang hidup di gurun pasir. Negara Meksiko juga identik dengan kaktus. Bukan hanya karena kaktus itu tumbuh di sana, tapi kaktus itu juga menjadi bahan makanan utama. Ya, kaktus dimakan, lho!

Kaktus memang menjadi salah satu bahan makanan utama di negara yang cita rasa kulinernya dikenal spicy dan gurih sambil ditambahkan sensasi rasa asin, asam, atau terkadang manis. Kaktusnya bukan yang kecil seperti biasa kita temui di sini, tapi pohon kaktus besar yang disebut nopales.

Kaktus dari negara sombrero itu secara spesial dibawa oleh chef Julio Ortega, untuk bisa dikreasikan menjadi En Salada Nopales, alias salada berbahan dasar kaktus. Kita bisa mencoba kreasi chef Julio di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto No. 289 Kota Bandung.

KAKTUS kering yang diolah menjadi En Salada Nopales.*/VEBERTINA MANIHURUK/PR

Julio membawa kaktus yang sudah dikeringkan. Ketika akan diolah, kaktus kering itu dibasahi lebih dulu sehingga menjadi empuk. Ketika sudah dimasak dan siap disantap, kaktus itu menjadi berteksur chewy alias kenyal.

Untuk mengolahnya, Julio menambahkan bahan lain seperti bawang bombay, tomat, cuka, oregano, perasan jeruk nipis, feta cheese, garam, lada putih, dan cabai hijau. Selain itu, tentunya ditambahkan bumbu yang ada di sebagian besar kuliner Meksiko yaitu ketumbar, yang kali ini dipakai adalah potongan batang daunnya.

Dengan campuran itu, salada yang disajikan jelas memiliki cita rasa beragam yang bergabung jadi satu, yaitu asam, sedikit pedas, dan asin. Akan tetapi, yummy juga, lho, ketika kita memang bersemangat untuk mencoba sensasi rasa baru yang orisinal dari negara aslinya.

Julio mengatakan, salada kaktus itu bisa disajikan sebagai makanan pembuka ataupun disantap bersamaan dengan menu utama. Ia bisa dijadikan pendamping nasi ataupun menjadi isian tortilla.

“Semua bahan bisa didapatkan di Indonesia, hanya kaktus yang saya bawa dari Meksiko. Mungkin di sini ada yang diimpor dalam kemasan kaleng,” kata Julio.

En Salada Nopales.*/VEBERTINA MANIHURUK

Ada telur semut dan gurita

Ada lagi satu makanan unik yang dikreasikan Julio, yaitu menggunakan telur semut. Yaaa, telur semut! Tetapi, bentuk dan rasanya sudah berubah menjadi lebih seperti rice crispy. Ketika dimakan begitu saja, ada rasa manis-manisnya! Nyamnyaaam...

Telur semut itupun dia bawa langsung dari Meksiko untuk mengkreasikan makanan bernama Tetela Con Es Camoles. Untuk membuat adonannya, ia juga menggunakan tepung jagung ungu yang dibawa dari Meksiko.

Bukan hanya dua jenis makanan itu, tapi ada lagi kuliner lain yang bisa dinikmati dalam buffet dinner di The Trans Luxury Hotel. Misalnya, Octopus Tetela, Tortilla Soup, Sirloin Asado Marination, Fish Pibil Style, dan banyak lagi. Ada juga sajian penutup seperti churros dan kue-kue manis yang menutup sesi makan dengan sempurna.

Sajian spesial dari Julio akan ada di hotel itu sampai dengan Minggu, 28 April 2019. Julio sendiri merupakan ahli gastronomi yang telah berpengalaman dalam berbagai event bergengsi. Ia pernah menjadi chef di Olimpiade Gastronomi di Erfurt Jerman dan sebagai chef di berbagai hotel di Meksiko.***

Bagikan: