Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sedikit awan, 25.1 ° C

Band Cassandra Terinspirasi Dilan 1990

Windy Eka Pramudya
BAND Cassandra.*/DOK. TRINITY OPTIMA PRODUCTION
BAND Cassandra.*/DOK. TRINITY OPTIMA PRODUCTION

SETELAH sempat hampir satu tahun vakum, band Cassandra kembali dengan karya baru. Kali ini, Anna (vokal), Coki (bas), dan Inos (gitar) hadir dengan single terbarunya yang berjudul Biar Aku Saja. Single ini menjadi penanda bergabungnya Cassandra bersama label Trinity Optima Production.

Single Biar Aku Saja dibuat berbeda jika dibandingkan dengan dua karya sebelumnya, yakni Tetap Menjadi Milikmu dan Cinta Terbaik. Bassist Coki menyebutkan, karya sebelumnya hadir dengan lirik cinta yang lebih general, sedangkan Biar Aku Saja lebih personal. Pasalnya, lagu ini dibuat berdasarkan kisah pribadi Coki.

"Lagu ini saya tulis saat saya sedang berada di rumah sakit. Saya patah hati setelah batal menikah. Saya mencoba mencerahkan hati dan pikiran saya dengan membaca novel Dilan 1990 dari penulis Pidi Baiq," tutur Coki lewat pos-el, Rabu, 10 April 2019.

Coki mengungkapkan, dari novel Dilan 1990, dia terkesan dengan kalimat, "jangan rindu, ini berat, kamu tak kan kuat, biar aku saja". Menurut Coki, kalimat itu terasa pas dengan perasaannya saat itu. Alhasil, Coki langsung merangkai lirik dan melodinya.

Sebelum merilis single ini, awak Cassandra belum merasa lega tanpa ada izin dari Pidi Baiq. Di akhir 2018, Coki dkk ditemani A&R dari Trinity Optima Production mengunjungi Pidi Baiq di Bandung untuk meminta izin untuk memakai kutipan dari novel Dilan 1990.

"Untungnya Pidi Baiq memberikan izin. Mungkin karena sama-sama pekerja seni jadi kami tahu sangat penting untuk meminta izin terkait hak cipta walaupun itu hanya berupa kata-kata," ungkap Coki.

Menurut Coki, walaupun lagu "Biar Aku Saja" tidak sepenuhnya terinspirasi dari cerita Dilan 1990, tapi kata-katanya mampu membuat dia terinspirasi untuk membuat lagu ini. Untuk itulah Coki merasa sangat penting mendapatkan izin dari Pidi Baiq.

Untuk melengkapi single ini, sutradara Aco Tenriyagelli telah menyiapkan video musik Biar Aku Saja. Konsep videoklipnya menceritakan tentang pasangan yang mencoba berdamai dengan masa lalu mereka dengan cara membakar barang-barang kenangan mereka.

"Ketika pertama kali dengar lagu ini, pastinya bagus lah, makanya saya setuju untuk membuat videoklipnya. Konsepnya memang membakar benda-benda agar kenangan-kenangan lama bisa cepat move on," ujar Aco.***

Bagikan: