Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 29.6 ° C

Unik, Sajian Kopi dengan Bunga Sedap Malam dan Kecombrang

Gita Pratiwi
SAJIAN kopi dengan bunga sedap malam dan kecombrang.*/GITA PRATIWI/PR
SAJIAN kopi dengan bunga sedap malam dan kecombrang.*/GITA PRATIWI/PR

BUNGA sedap malam lumrah digunakan sebagai pajangan di sebuah ruangan atau rumah. Selain bentuknya yang cantik dengan warna putih, sedap malam juga menyerbakkan wangi khas ke segala sudut.

Namun, barista di Koffie Story mengajak konsumennya untuk mengalami sensasi unik bunga sedap malam dalam secangkir kopi. Tak hanya itu, kafe yang jadi bagian dari De Paviljoen Hotel Bandung ini, juga menyajikan kopi dengan kecombrang. 

"Kopi miksologi ini hasil eksperimen, yang gagasan awalnya dari ingin menyajikan hal berbeda. Rempah-rempah dipilih yang bermanfaat. Wanginya juga menyengat," kata Beverage Manager De Paviljoen, Artha Muhammad Vici Adriya, Senin (8/4/2019).

Disajikan dingin, racikan miksologi ini memang tampak seperti sajian kopi pada umumnya. Bedanya, terdapat kelopak sedap malam, kulit jeruk, atau dahan kecombrang sebagai garnishnya. Rasanya pun langsung meletus di lidah, terutama kecombrang. Bunga yang biasa ditemukan di menu-menu tradisional dan sambal Indonesia ini, hadir dalam racikan Brew Legend serta Equalizer. 

Artha mengatakan, ia pun punya misi menaikkan posisi kopi asal Gunung Puntang Jawa Barat. Karakter kopi Puntang dikenal bisa menjadi fruity, nutty, atau juga winey. Tergantung cara roasting dan seduhnya. 

"Selain itu kopinya lebih sehat, lebih aman, karena proses roasting yang hot air. Lazimnya pakai burner, kopi kena langsung metal. Kalau ini pakai udara panas yang divakum dari burning chamber. Tidak bersentuhan langsung dengan metal," katanya. 

Selain kopi, terdapat juga menu cokelat yang juga disajikan dengan campuran bunga sedap malam. Jangan khawatir kelopak bunga yang jadi hiasan pun boleh dilahap. "Kita ingin ciptakan dengan rempah-rempah dan bunga yang lazim dimakan," ucapnya. 

Di kafe ini kita tetap bisa memesan menu kopi umum seperti capucino atau latte. Bagi yang ingin menjajal menu selain kopi, mereka turut menghadirkan menu mocktail. Untuk menemani minum kopi, jangan lewatkan cakes dengan aneka varian. Antara lain oreo cheesecake, pavilion cakes, atau yogurt peach cake, yang semuanya.***

Bagikan: