Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 21.7 ° C

Sambal Kemiri hingga Lelehan Mozzarella, Teman Makan Sate Taichan

Gita Pratiwi
SATE Taichan Mozzarella dan sambal kemiri. */GITA PRATIWI /PR
SATE Taichan Mozzarella dan sambal kemiri. */GITA PRATIWI /PR

APAKAH Anda satu dari sekian banyak orang yang bertanya apa itu sate taichan? Benarkah dari banyakanya warung, kedai, dan resto penjual sate taichan ini bersumber dari satu pemilik merek? Apa yang membedakan sate taichan dari sate lainnya?

Kamal Ramadhani dari Sate Taichan Buahbatu menjelaskan, taichan ditemukan secara tidak sengaja oleh pedagang sate di jalanan Senayan, DKI Jakarta. Saat itu ada turis Jepang yang membeli sate dengan memasaknya sendiri. Beda dengan sate ala Indonesia yang dibakar hingga gosong dan berlumuran bumbu, sate itu dimasak dengan bumbu yang gurih.

"Saat pedagangnya bertanya, 'sate apa ini?', dijawab oleh si turis, 'sate taichan'," tutur Kamal, Kamis, 28 Maret 2019. Sejak 2015, varian taichan jadi warna baru kuliner sate di tanah air. 

Namun, jika kebanyakan pedagang sate taichan masih beroperasi di gerobak, Sate Taichan Buahbatu Bandung menyajikannya ala resto. Resto ini berlokasi di Lantai 4 Gedung Viersa Jalan Buah Batu, Kota Bandung. Menyesuaikan lidah masyarakat Bandung yang menggemari makanan pedas, taichan di sini disandingkan dengan berbagai sambal.

"Untuk sambal, kita punya empat macam. Mulai dari yang pedas standar, pedas biasa, pedas banget, sampai yang pedas manis," kata Kamal.

Untuk penggemar pedas, ada sambal yang sepenuhnya merupakan ulekan cabai rawit dan cabai, yakni sambal taichan. Sambal kecap untuk yang lebih suka manis, sambal matah yang lebih segar.

Namun, untuk sensasi yang berbeda dengan menikmati taichan di tempat lain, yakni pilihan sambal kemiri. "Kita juga pencetus mozzarella untuk taichan pertama di Bandung sejak 2017. Sebelumnya memang ikut booming-nya makanan bermozzarella lalu banyak peminatnya. Meskipun sekarang banyak yang mencontek," kata Kamal.

Untuk menyantapnya bersama keluarga dan teman-teman, Anda direkomendasikan untuk memesan paket kombo. Terdiri dari sewajan tusuk sate ayam, sayap ayam, telur puyuh, kulit, dan usus yang telah digoreng. Di tengah wajan terdapat keju mozzarella yang siap dipanaskan.

Klik. Ketika api dinyalakan di kompor yang sudah tersedia di atas meja, konsumen hanya perlu menunggu lima menit hingga keju meleleh, dan meliliti sate.

"Apinya tidak boleh terlalu besar supaya mozzarella-nya tidak mencair, atau gosong. Satenya pun bisa dtabur lagi powder taichan supaya tambah gurih," kata dia.

Menu baru di samping daging ayam dan sapi, yakni sate seafood lok lok. Satu paket sate seafood ini terdiri dari aneka olahan ikan, seperti fish cake, tempura, stick kepiting, otak-otak singapore, dan banyak lagi.

Penyajiannya pun mirip dengan sate taichan kombo. Bedanya, saus barbeque, chili bangkok, dan lemonade. Setiap paket kombo bisa dinikmati lengkap dengan nasi putih dan onigiri, juga satu teko lemon tea. 

Selesai makan, kamu bisa ngopi di lantai yang sama, dari Viersa Coffee. Kopi di sini lebih suka kopi yang tidak terlalu strong, manis, dan lembut.

"Kita juga punya ice japanese coffee, yang dibuat dari biji kopi wine. Kopi ini ketika diseduh mengeluarkan wangi buah, dan tidak usah ditambah gula karena punya rasa manisnya sendiri," kata Rizki Ramadhansyah, barista Viersa.***

Bagikan: