Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Cerah berawan, 29.2 ° C

Rayakan Ulang Tahun ke-25, Gigi Gelar Konser Tunggal

Windy Eka Pramudya
BAND Gigi.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR
BAND Gigi.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

TIDAK banyak band yang bertahan dan tetap produktif setelah 25 tahun berkarya. Di industri musik Indonesia, Gigi adalah salah satunya.

Tepat pada 22 Maret 2019, Gigi merayakan ulang tahun ke-25. Untuk memberi hadiah pada Gigikita --sebutan penggemar Gigi--, Armand Maulana (vokal), Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Hendy (drum) akan menggelar konser tunggal.

Konser perayaan 25 tahun Gigi ini rencananya akan diadakan di Yogyakarta, 14 September 2019.

"Kami memilih Kota Yogyakarta karena beberapa alasan. Salah satunya, Yogyakarta adalah kota yang cenderung lebih santai. Di Jakarta orang sibuk masing-masing. Di Yogyakarta suasananya lebih hangat dan guyub," tutur Thomas pada jumpa wartawan di Jalan Kemang Raya, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Vokalis Gigi, Armand mengungkapkan konsep konser masih berjalan. Soalnya, waktu pelaksanaan konser masih cukup lama. Jadi, pada prosesnya akan banyak ide yang bermunculan. Di panggung nanti, kata Armand, bisa jadi mereka akan tampil berempat saja atau dengan bintang tamu.

"Ide untuk konser bisa muncul saat diskusi dengan show director dan art director. Konser besar yang diadakan Gigi sendiri adalah saat perayaan 17 tahun di 2011. Sekarang merayakan 25 tahun kami bikin konser sendiri lagi. Mudah-mudahan ada ide brilian dari kami dan tim yang terlibat," ungkap Armand.

BAND Gigi.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

Dia mengaku, salah satu kendala bagi band atau musisi yang sudah puluhan tahun berkarya adalah banyaknya pilihan lagu. Masalah ini pula yang dihadapi Gigi untuk konser 25 tahun nanti. Yang pasti, Gigi sudah menyiapkan durasi konser selama 2,5 jam.

"Kami harus diskusi dengan art director karena biasanya banyak ide dari art director. Misalnya saya harus digantung pakai sling, nah kami harus menyesuaikan lagunya," ucap Armand.

Untuk konser perayaan 25 tahun, Gigi memang belum menentukan lokasi persisnya. Pasalnya, Yogyakarta memiliki banyak pilihan tempat yang eksotis dan berkapasitas yang besar. Akan tetapi, Gigi ingin mengadakan konser di luar ruangan.

Armand menyebutkan, selain konser tunggal, agenda Gigi di usia 25 tahun ini adalah merapikan arsip Gigi. Menurut Armand, pengarsipan ini membutuhkan doa, usaha, dan energi yang penuh.

"Sudah empat tahun ini kami berusaha merapihkan arsip Gigi. Kami ingin bikin yayasan yang dikelola sendiri," kata Armand.

BAND Gigi.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

Thomas menambahkan, di usia yang ke-25 ini, dia ingin Gigi terus berkarya dan bisa melewati berbagai konflik. Apa yang sudah ada, kata Thomas, bisa lebih diperbagus dan dibuat tambah solid.

"Saya itu keluar rumah untuk main musik. Selama 25 tahun main band, kayak dapat istri yang selalu bareng," ujar Thomas.

Di akhir sesi jumpa wartawan, Gigi memberi kejutan untuk puluhan awak media yang hadir. Tampil dalam format akustik, Gigi menyajikan Angan, Yang T'lah Berlalu (Nirwana), dan Terbang yang sukses disambut kor massal para pewarta dan fotografer.***

Bagikan: