Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 21.7 ° C

Sajian Unik Berbaur Herbal

Gita Pratiwi
NASI kismis ayam kecombrang.*/GITA PRATIWI/PR
NASI kismis ayam kecombrang.*/GITA PRATIWI/PR

MENYANTAP makanan hangat bisa menjadi pilihan tepat di tengah udara dingin. Apalagi, kalau ditambahkan bahan herbal. Ayam bumbu kecombrang bisa menjadi salah satu menunya. 

Sajian ini sebenarnya merupakan ayam goreng yang disuwir dengan sambal matah campur kecombrang. Dikenal dengan nama honje dalam Bahasa Sunda, bumbu ini menghangatkan tubuh, apalagi tercampur dengan irisan serai.

Menu ini ditawarkan Lasem Resto di Jadul Village, Jalan Terusan Sersan Bajuri Bandung. Menurut Chef Lasem Resto, Tony Yulianto, menu ini paling banyak dipesan oleh tamu dari Arab Saudi dan Inggris karena kekhasannya. 

"Bedanya lagi, kami kolaborasikan dengan nasi kukus bumbu pepes," katanya, ketika ditemui pada Kamis, 21 Maret 2019. 

Selain itu, ada juga aneka olahan iga. Seperti iga bakar madu, dan sup iga asam pedas yang cocok disantap di tengah udara dingin. Asam dari belimbing wuluh berpadu dengan cabai rawit menggugah selera. 

Tony menggunakan minyak unta dalam olahan buntut sapi. Buntut disantap dengan nasi rempah kismis yang menyegarkan rasa. 

Minuman herbal

Selain santapan kaya rempah, minuman yang terbuat dari aneka herbal juga tak kalah menggiurkan. Kafe Sehati Jadul Village misalnya, memiliki aneka minuman herbal dari jamu hingga kopi rempah. 

Misalnya secang lasem. Minuman ini merupakan segelas minuman yang terdiri dari serat kayu lasem, jahe, gula batu, dan kayu manis. 

"Gula batu yang paling penting, bukan gula pasir yang terlalu manis dan sulit larut," kata F&B Manager, Doni Saputra Wisandy. 

Untuk kopi, ia memilihkan biji-biji kopi unggulan Jawa Barat untuk diolah menjadi Burangrang Drip, adaptasi Vietnam Drip. Di samping itu, juga ada es kopi susu bercampur rempah-rempah penghangat tubuh. 

"Secang dan kopi rempah ini sering dipesan ulang pengunjung karena efeknya. Selain membuat hangat, juga menambah vitalitas," katanya. 

Kafe ini baru saja akan dirilis pada April 2019. Seiring dengan pergantian nama Jadul Village Resort and Spa menjadi Jadul Village Resort and Coffee. Dari kafe yang berada di ketinggian Bandung, kita dapat sambil menikmati panorama alam Lembang.***

Bagikan: