Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Cerah berawan, 27.4 ° C

Ucie Sucita dari Sumedang Meraih Sukses di Jakarta

Anwar Effendi
UCI Sucita menyanyi dan menciptakan lagu.*/ANWAR EFFENDI/PR
UCI Sucita menyanyi dan menciptakan lagu.*/ANWAR EFFENDI/PR

PERJALANAN karier penyanyi dangdut Ucie Sucita cukup berliku. Sebelum merambah ke ibu kota Jakarta, Uci malang melintang dulu ke sejumlah daerah. Ucie yang lahir 29 tahun lalu di Sumedang tidak patah semangat, berjuang hingga namanya dikenal.

Agak beda dengan penyanyi lainnya, Ucie tidak melulu mengandalkan suaranya. Ternyata dia juga mampu menciptakan lagu. Di antara lagu ciptaannya yang cukup terkenal, yakni Dibuang Sayang. Pada beberapa kesempatan tampil di panggung, penggemarnya selalu meminta lagu Dibuang Sayang untuk dinyanyikan.

Kini Ucie tinggal memetik hasilnya dari usaha yang tak kenal lelah. "Tidak mudah memang untuk mencapai kesuksesan. Perlu proses dan perjuangan panjang. Saya sendiri merasa belum puas dalam meniti karier sebagai penyanyi dangdut. Makanya, sambil bernyanyi saya coba-coba menciptakan lagu," ujar Ucie saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sebagai penyanyi, Ucie pun merasa butuh perlindungan dalam berkarier. Namun apa yang diharapkannya ternyata berhadapan dengan RUU Permusikan. Ucie pun bersuara, RUU Permusikan yang seharusnya melindungi musisi, malah terasa jadi membelenggu.

“Yang aku baca sih memang ada yang membatasi kreativitas musisi, tapi aku juga tidak mau ikut menyalahkan Pemerintah. Karena pasti ada alasan Pemerintah membuat RUU itu,” tutur Ucie.

“Buat aku sih yang terbaik saja, musisi dan pemerintah duduk bareng menyelesaikan RUU Permusikan supaya tidak ada yang dirugikan. Semoga ada win win solution lah,” pungkas Ucie.***

Bagikan: