Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Berawan, 22.6 ° C

Manajemen K-pop Rugi Setelah Seungri Big Bang Mundur

Huminca Sinaga
BINTANG K-Pop, Seungri Big Bang.*/REUTERS
BINTANG K-Pop, Seungri Big Bang.*/REUTERS

TOKYO, (PR).- Gaya hidupnya yang mewah dan berkelas menjadi alasan Seungri Big Bang disebut sebagai Great Gatsbynya Korea. Dia adalah anggota dari grup K-Pop terbesar di Korea Selatan, dan sekarang sedang menghadapi tuduhan prostitusi artis di sebuah kelab bergengsi di Seoul. 

Dilansir The Guardian, Rabu 13 Maret 2019, anggota termuda dari grup Big Bang ini mengundurkan diri dari dunia hiburan untuk menghadapi tuduhannya. 

Seungri mengatakan bahwa ia ingin membersihkan nama agensinya, YG Entertainment dan anggota grupnya. Keputusan itu diambil setelah berita skandalnya tersebar di media sosial pada hari Senin lalu.

Kantor Berita Yonhap di Korea Selatan melaporkan bahwa saham di agensi Seungri turun hingga 16%. Sementara perusahaan manajemen K-pop lainnya juga menderita kerugian.

Pria berusia 28 tahun itu ditangkap atas dugaan memasok PSK kepada investor asing di beberapa klub malam di distrik Gangnam, Seoul.

Prostitusi merupakan tindakan ilegal di Korea Selatan. Dari tuntutan itu Seungri dapat didekam di dalam penjara selama tiga tahun, akan tetapi, ia menolak tuntutannya.

Yonhap news juga melaporkan, polisi sedang menyelidiki pernyataan bahwa klub malam Burning Sun –di mana Seungri adalah direktur humas-- terlibat dalam kasus tersebut.  Hal yang dituduhkan antara lain penggunaan obat terlarang, kekerasan seksual dan penyuapan polisi. Pemilik klub, Lee Moon Ho, mengatakan tuduhan itu merupakan rumor yang tidak berdasar.

Penangkapan Seungri adalah skandal terbaru yang menodai reputasi K-pop, bagian dari fenomena Hallyu budaya pop Korea yang sukses di kancah global.

Hukuman percobaan

Seungri bukanlah satu-satunya anggota yang pernah tersandung kasus seperti ini. Di tahun 2011, ketua dari grup tersebut, G Dragon tertangkap karena menggunakan marijuana saat konser di Jepang. Kemudian pada tahun 2017, rapper dari Big Bang, TOP, dijatuhi hukuman percobaan 10 bulan karena kasus serupa.

Pria yang bernama asli Lee Seung Hyun itu mengunggah pernyataan mundurnya dari industri hiburan via Instagramnya.

 “Akan lebih baik bagi saya untuk keluar dari dunia hiburan sekarang. Masalah ini terlalu besar. Dan saya akan menghadapi semua investigasi  yang sedang berlangsung untuk membersihkan diri saya dari tuduhan.”

Dia juga menambahkan, “Saya meminta maaf dan terimakasih sedalam-dalamnnya untuk para penggemar yang telah memberikan dukungannya selama 10 tahun ini. Keputusan ini diambil demi YG dan Big Bang.”

Seungri dijadwalkan mendaftar wajib militer pada tanggal 25 Maret, akan tetapi, dia bisa meminta penundaan untuk melancarkan investigasi yang masih berlangsung.

Polisi mengatakan mereka masih bisa melakukan penyelidikan saat Seungri bertugas di ketentaraan, dan para pejabat militer mengatakan penyanyi itu harus menyerahkan permintaan tertulis untuk penundaannya.

Media Korea Selatan melaporkan bahwa petugas telah menyita paspor Seungri karena sekarang ia secara resmi dianggap sebagai tersangka.***

Bagikan: