Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 28.5 ° C

Nikmati 5 Lagu Ini di Hari Perempuan Internasional

Vebertina Manihuruk
HARI Perempuan Internasional diperingati setiap 8 Maret. Hari yang penting untuk menyuarakan kesetaraan gender .*/internationalwomensday.com
HARI Perempuan Internasional diperingati setiap 8 Maret. Hari yang penting untuk menyuarakan kesetaraan gender .*/internationalwomensday.com

HARI ini, 8 Maret, selalu diperingati sebagai Hari perempuan Internasional. Meski masih banyak masalah dalam hal kesetaraan perempuan, tapi hari ini layak untuk terus dimaknai sebagai momen untuk perempuan lebih menghargai dirinya sendiri dan lebih menunjukkan kemampuannya di ranah publik.

Peringatan Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day/IWD) sudah dimulai sejak 1911, meski belum bertepatan pada tanggal 8 Maret, seperti sejarah yang dilansir dari Wikipedia. Saat itu, 19 Maret 1911, IWD digelar untuk pertama kalinya oleh lebih dari ribuan orang di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss.

Barulah pada tahun 1914, IWD diperingati di Jerman persis tanggal 8 Maret. Alasan yang paling memungkinkan, hari itu adalah hari Minggu sehingga para perempuan bisa berkumpul menyuarkan aspirasinya. Saat itu, yang menjadi isu adalah hak perempuan untuk memilih dalam pemilihan umum, yang baru dikabulkan empat tahun kemudian pada tahun 1918.

Untuk memperingatinya, mari membangkitkan semangat para perempuan dengan lagu-lagu yang memiliki makna mendalam. Mulai dari pesan supaya para perempuan berani menunjukkan kemampuan dirinya, dan banyak pula lagu yang ingin menunjukkan perempuan jangan mau diperalat laki-laki dan perempuan jangan terjebak pada stereotype konsep cantik dalam kacamata para lelaki.

Mulai dari Aretha Franklin sampai Christina Aguilera, mari nikmati Hari Perempuan Internasional dengan irama dan lirik lagu yang menyemangati para perempuan untuk semakin berdaya dan setara.

Respect – Aretha Franklin

ARETHA Franklin.*/DOK.PR

R-E-S-P-E-C-T Find out what it means to me

Ini dia lagu yang disebut sebagai ultimate female anthem. Sejak dirilis tahun 1965, lagu ini menjadi hits di tahun 1967. Dengarkanlah yang merupakan versi Aretha, karena lagu ini muncul dalam dua versi dengan pesan yang berbeda. Versi Aretha, lagu ini mendeklarasikan seorang perempuan yang kuat dan percaya diri, yang sadar bahwa dia memiliki hal-hal yang dibutuhkan pasangannya. Dia tidak pernah berbuat salah, jadi dia berhak atas rasa hormat dari laki-laki.

Right to You – Alanis Morissette

ALANIS Morissette.*/DOK.PR

Wait a minute sir, You kind of hurt my feelings, You see me as a sweet back-loaded puppet,
And you've got meal ticket taste

Lirik yang kuat dan tajam pada lagu yang menjadi bagian dari gerakan #MeToo. Lagu ini berada satu album dengan “Hand in My Pocket” yang lebih popular yang dirilis 24 tahun yang lalu, tepatnya 13 Juni 1995. Lagunya mengungkapkan kemarahan ketika dia menggambarkan seorang bos dalam perusahaan rekaman yang mempermainkan artis perempuan muda.

Can’t Hold Us Down – Christina Aguilera

CHRISTINA Aguilera.*/DOK.PR

This is for my girls all around the world, Who have come across a man that don't respect your worth, Thinkin' all women should be seen and not heard, So what do we do girls, shout out loud

Lagu yang dirilis 8 Juli 2003 mengkritisi standar ganda yang dilekatkan pada perempuan. Karena kekuatan liriknya, single ini juga dikenal luas sebagai feminist anthem.

Run the World – Beyonce

BEYONCE.*/DOK.PR

Who run the world? Girls, Who run this motha? Girls

Lagu bernuansa elektropop dan R&B itu menjadi salah satu lagu hits miliknya. Beyonce menggambarkan segi musikal lagu itu yang mencampurkan nuansa Afrika, elektronik, dan futristik. Semua dilakukan karena ia selalu memasang target lebih tinggi ketika sudah mencapai pada suatu titik.

Linger – Cranberries

DOLORES, vokalis The Cranberries.*/DOK.PR

You know I'm such a fool for you, You've got me wrapped around your finger, Do you have to let it linger? Do you have to, do you have to, do have to let it linger?

Penggalan lirik yang sangat popular dari lagu yang ditulis sang vokalis, Dolores O’Riordan dan Noel Hogan. Lagu yang menggambarkan bagaimana perasaan perempuan telah diperalat laki-laki karena perasaan cintanya dan dikhianati dalam cintanya.

Nah, lagu mana yang paling berkesan? Selamat Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2019!***

Bagikan: