Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sedikit awan, 20.3 ° C

Mengenal Gundala, Tokoh Jagoan Legendaris Indonesia

Siska Nirmala
GUNDALA.*/BUMILANGIT STUDIOS
GUNDALA.*/BUMILANGIT STUDIOS

PADA 2019 ini, tokoh jagoan legendaris Indonesia Gundala bangkit kembali lewat film yang disutradarai Joko Anwar. Kemunculan Gundala di kancah perfilman tanah air, bertepatan dengan ulang tahun ke-50 karakter ciptaan Harya Suraminata tersebut.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Gundala pertama kali muncul dalam komik Gundala Putra Petir, dengan penerbit Kentjana Agung, yang dirilis pada 1969. Gundala lahir di saat maraknya komik silat di pasaran kala itu.

Hasmi bersama beberapa rekannya malah tampil dengan konsep komik yang berbeda. Yakni mengadaptasi perkembangan komik asing namun diserap dengan kearifan lokal.

Dari sekian banyak komik tersebut, Gundala berhasil menjadi salah satu yang paling menonjol karena kekuatan cerita, karakter yang membumi dan aksinya yang seru. Gundala pun menjelma menjadi jagoan milik semua orang.

Ide Gundala sendiri sebenarnya tak melulu terpengaruh luar. Hasmi pernah mengisahkan bahwa Gundala terinspirasi dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo, yang mampu menangkap petir dengan tangannya.

Sedangkan nama Gundala berasal dari kata dalam bahasa Jawa "Gundolo" yang artinya petir.

Sampai akhir hayatnya, komik Gundala berhasil terbit sebanyak 23 judul. Terakhir berjudul Surat dari Akhirat yang dirilis pada 1982.

Pada 1996, sempat ada usaha untuk mengembalikan kejayaan Gundala melalui komik Patriot. Gundala tampil bersama Godam, Maza, dan Aquanus. Di bawah naungan Bumilangit Entertainment, komik Gundala kembali muncul di harian Kompas pada 2013 diikuti berbagai komik-komik lainnya hingga hari ini dalam bentuk digital maupun cetak.

Di masa kejayaannya, Gundala sempat juga muncul dalam film. Dirilis pada 1981, Gundala diperankan oleh Teddy Purba.

Kini di masa sekarang, Gundala diperankan oleh Abimana Aryasatya. Sentuhan Joko Anwar akan menampilkan Gundala sedikit berbeda dari yang dikenal selama ini. Namun sosok jagoan yang selalu membela masyarakat masih tetap akan menjadi sajian utamanya.***

Bagikan: