Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Berawan, 22.1 ° C

Tips Membawa Sepeda Lipat ke Kereta Api

Gita Pratiwi
DOK PR
DOK PR

MEMBAWA sepeda lipat merupakan pengalaman tersendiri. Bagi yang pertama kali melakukannya, mungkin terasa merepotkan. Akan tetapi, bagi yang sering melakukannya amatlah mudah dan menyenangkan.

Yang terpenting, kita memahami cara melipat sepeda, yang memudahkan untuk ditarik atau didorong. Jadi, kita harus mengetahui karakter sepeda lipat karena pada dasarnya ada sepeda lipat yang batang/frame-nya hanya bisa dilipat dua. Seperti kebanyakan sepeda lipat pada umumnya seperti London Taxi, Dahon, Tern, Fhon, Element, Pacific, United, dll. Ada pula sepeda lipat yang frame-nya bisa dilipat tiga yang dimiliki merk Brompton, United Trifold, dan 3Sixty.

Berikut ini tiga tips cara membawa sepeda lipat di kereta api, dari Trisna "Kang Uu" pada rubrik Back to Boseh Pikiran Rakyat, 20 Januari 2019

1. Bungkus

Cari tempat untuk menyimpan sepeda lipat di kereta api yang tidak mengganggu orang lain dan nyaman untuk kita. Kalau ada pembungkus/tas, lebih baik dibungkus dan simpan di tempat yang bisa terlihat oleh kita.

2. Koordinasi dengan petugas

Jika bepergian dalam kelompok kecil (2-10 orang) tidaklah terlalu repot mengurus perizinan untuk membawa sepeda ke kereta. Akan tetapi, jika dalam kelompok besar, lebih baik berkoordinasi terlebih dahulu dengan kereta agar mendapatkan fasilitas yang lebih nyaman.

3. Tas

Bawalah tas ransel/carrier/panier untuk membawa barang-barang yang kita perlukan selama bersepeda untuk memudahkan pergerakan kita.

Selamat berboseh ria dengan mengguna­kan transportasi kereta api!***

Bagikan: