Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sedikit awan, 20.3 ° C

Love Festival 3 Akan Jadi Panggung Terakhir Giring bersama Nidji

Windy Eka Pramudya
DOK. HELMI SUGARA PRODUCTION
DOK. HELMI SUGARA PRODUCTION

CERITA tentang perjalanan, cinta, persahabatan, dan perpisahan akan tersaji pada Love Festival 3. Festival musik yang menampilkan sembilan band Indonesia ini akan digelar pada Jumat, 8 Februari 2019 di Jakarta Convention Center. 

Mereka yang akan tampil adalah Gigi, Maliq & D' Essentials, Padi Reborn, Element, Pure Saturday, Project Pop, Kerispatih, Yovie & Nuno, dan Nidji. Pada festival yang dipromotori Hype Festival, Berlian Entertainment, dan Panorama Live itu setiap grup musik akan hadir dengan konsep dan format yang istimewa.

Project and Creative Director Berlian Entertainment Dino Hamid menyebutkan, Love Festival menghadirkan konsep festival musik dalam bentuk pengalaman yang berbeda. Pada Love Festival 2016, konsepnya bertepatan dengan ulang tahun ke-30 Kahitna. Setelah itu, pada Love Festival 2018, konsepnya mengusung kekuatan perempuan. Untuk tahun ini, konsepnya adalah sembilan cerita dari sembilan band.

"Penonton dan musisi yang tampil punya value. Apalagi ada persiapan yang matang dari setiap band agar tampil spesial. Penonton yang datang juga ada dress code. Untuk yang masih jomblo, cowok pakai baju hitam, dan cewek pakai baju merah. Yang sudah punya pasangan bisa pakai baju putih," tutur Dino pada jumpa wartawan di CGV Grand Indonesia Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Managing Director Hype Festival Christian Soeseno menyebutkan, pada Love Festival 3, akan ada tiga panggung, yakni Love, Hope, dan Passion. Para musisi akan tampil bergantian dengan deretan hit mereka. 

"Di festival ini sembilan band yang tampil telah menorehkan sejarah dan mencuri hati para pecinta musik Indonesia. Perjalanan, cinta, persahabatan, dan perpisahan adalah empat momentum kehidupan yang selalu memberi warna dan menjadi cerita," ujar Christian.

Salah satu band yang akan tampil adalah Kerispatih. Di Love Festival 3, band yang terbentuk 2003 ini hadir dengan format Badai, Kerispatih, dan Sammy Simorangkir Special Collaboration. Badai dan Sammy merupakan eks personel Kerispatih yang kini bersolo karier. Kini Kerispatih diawaki Fandy (vokal), Anton (drum), dan Arief (gitar).

"Perjalanan Kerispatih tidak hanya tentang musik. Ada pendewasaan yang membentuk kami, baik dalam berpikir, pergaulan, dan musik. Kami senang bisa berkumpul lagi dan bikin kolaborasi ini," ungkap Sammy.

Menurut Sammy, di panggung nanti akan ada dua vokalis yaitu dia dan Fandy. Jadi akan ada dua karakter vokal yang berbeda. Selain itu, Badai juga akan mengaransemen lagi lagu-lagu Kerispatih. Selain bikin aransemen baru, mereka juga menghafal aransemen orisinal. Ini untuk mengobati rindu penggemar lawas Kerispatih.

DOK. HELMI SUGARA PRODUCTION

Vokalis Fandy menambahkan, penampilan Kerispatih nanti juga menjadi dedikasi mereka untuk pemain bas Andika yang meninggal April 2018 lalu. 

"Penampilan di Love Festival akan menjadi salah satu panggung untuk mengenang almarhum Dika. Kami akan nyanyikan satu lagu khusus dia," ujar Fandy.

Sementara itu Project Pop akan menghadirkan penampilan bertema Five Bodies, Six Souls. Tema ini berkaitan dengan formasi Project Pop saat ini yang tinggal berlima, yaitu Udjo, Gugum, Tika, Odie, dan Yossi. Walaupun tinggal berlima, mereka tetap merasakan kehadiran mendiang Oon. 

"Kami merasa Oon tetap ada walaupun dia sudah engga ada. Semangat Oon masih bersama kami. Makanya walaupun tinggal berlima, kami merasa jiwanya ada enam," ujar Udjo.

Hal berbeda akan ditampilkan Nidji. Di Love Festival 3, Nidji menghadirkan konsep Hello X Goodbye. Band yang diawaki Giring (vokal), Rama dan Ariel (gitar), RunD (keyboard, synthesizer), Andro (bas), Adri (drum) ini akan melepas vokalis Giring yang terjun ke dunia politik. Menurut RunD, Love Festival 3 akan menjadi panggung terakhir Giring. 

"Pada 8 Februari 2019 nanti, kami akan berpisah dengan Giring dan menyambut vokalis baru. Ibaratnya pisah sambut kayak pejabat," ujar RunD.
Gitaris Ariel menambahkan, Love Festival 3 memancing Nidji untuk kembali berkarya. Menurut Ariel, Nidji sempat bingung, apakah akan lanjut atau berhenti karena Giring mengikuti pemilihan legislatif. Akan tetapi, tawaran untuk tampil di Love Festival 3 membuat Nidji bertekad untuk memulai perjalanan baru.***

Bagikan: