Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Sebagian cerah, 26.9 ° C

Panduan Tampil Modis 2019

Eva Nuroniatul Fahas
Fashion neon/GLAMOUR MAGAZINE
Fashion neon/GLAMOUR MAGAZINE

BANYAK desainer luar negeri yang ­memprediksikan, mode bagi ­Spring/Summer 2019 tampil ­cemerlang. Diinisiasi dari kampanye sosial ­pemberdayaan perempuan, aksi ini ­berimbas pada  pembaruan tren di ranah mode.

Spekulasi berembus jika tahun ini sangat kental dengan ciri khas 1990-an. Pencinta fashion tidak lagi membatasi diri untuk bereksperimen, tetapi melampiaskan emosi dan aspirasinya pada  fashion item.

Potongan pakaian yang longgar masih disukai, serta permainan warna mencolok diprediksi kembali lagi. Gaya busana simpel sedikit dikurangi, tetapi bergaya ekstra ­mencuri spotlight.

Untuk gaya kasual sehari-hari, laman Glamour Magazine merangkum beberapa barang fashion yang disinyalir banyak ­dikenakan orang-orang tahun 2019.

Topi lebar seperti topi pantai akan banyak terlihat dan menjadi pelengkap penampilan. Tahun lalu, topi dari Jacquemus La Bomba tampil memukau pencinta fashion.

Lengkung artistik dan dinamis dari topi seakan membingkai wajah pemakainya dan menyempurnakannya. Kelihatannya akan semakin banyak brand yang mengeluarkan topi sejenis. Kalangan wanita senang dengan aksesori meriah seperti itu.

Musim panas 2018 cukup mengejutkan dengan naiknya popularitas celana pesepeda (cycling shorts). Tahun ini, celana pendek masih in, tetapi potongan yang longgar akan disukai. Alternatif gaya boyish menjadi pilih­an bagi banyak orang, simpel, kasual, dan yang pasti nyaman.

Permainan ornamen lipit alias pleats masih amat disukai. Setelah rok lipit yang booming di 2018, permainan pleats masih kuat di tahun ini. Dipasang pada atasan one shoulder atau menjadi aksen manis pada bagian bawah dress, si lipit ini memang pantas disukai pencinta fashion.

Bahan parasut

Aksen lipit dapat membentuk tubuh lebih baik, bahkan pemilik tubuh curvy dan bold pun dapat percaya diri memakainya karena bisa melebar. Setelah dikenakan ia mampu membuat siluet ”palsu” yang berdampak menarik bagi pemakainya. Tahun ini, se­pertinya jarak antarlipit semakin rapat di­bandingkan dengan sebelumnya.

Material tie-dye juga kembali mewarnai ranah fashion dunia. Setelah akhir tahun lalu mulai muncul lagi di banyak karya desainer, tahun ini motif tie-dye hadir untuk me­refleksikan gaya print ala 1960-an. Material ini cocok dijadikan busana apa saja. Dress akan memukau dibuatnya, sedangkan atasan bahkan rok, tampil lebih berwarna dengan keunikan tie-dye.

Barang mode lain yang juga akan ­happening adalah sandal dan sepatu datar. Valentino, Simone Rocha, dan Temperly London sudah memulainya. Tentu saja ­dengan sentuhan fashion statement, fur ­(bulu-­bulu), fringe, atau tali temali.

Pemakaian bahan parasut tampaknya bergeliat lagi. Tak hanya berguna sebagai penangkal saat musim hujan, bahan ini pun memiliki gaya tersendiri yang membuatnya pantas dilirik. Banyak desainer dunia yang menggunakannya untuk membuat luaran seperti jaket parka atau coat. Karena ini bicara mode, jangan terkecoh dengan jas hujan, ya!

Model pakaian untuk rumah mode Coach, Tom Ford, atau Cushine melenggang di atas panggung dengan busana serba-fringe. Ter­inspirasi dari gaya sepatu bot cowboy, ornamen fringe memang terasa sangat western, kental gaya Amerika. Mulai outer dengan fringe pada bagian lengan hingga tas jinjing dengan aksen fringe, diramalkan ramai dipakai tahun ini.

Tren warna neon

Selamat datang warna neon! Warna yang dianggap menggambarkan gaya di akhir 1980-an dan menyeberang ke dekade 1990-an. Vibrant color seperti ini sudah di­sukai banyak desainer pada karyanya, sebut saja Natasha Zinko atau Jasper Conran.

Bentuk busana kotak di bagian bahu, terasa begitu 1990-an, ya. Namun, itulah mode, berulang dan dimodifikasi. Puffed shoulder kembali datang, tak hanya untuk blazer dan suit, juga dress.

Sequin alias manik-manik juga diperkirakan menjadi pelengkap gaya di 2019. Rasanya beberapa tahun lalu sequin juga jadi tren mode dalam satu tahun. Kali ini pemakaiannya akan lebih ”wow” lagi. Material sequin akan terlihat modis dikenakan dari ujung kepala hingga ujung kaki.***

Bagikan: