Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

Yorick the Movie Angkat Perjuangan Putra Panjalu

Muhammad Irfan
ARDYAN Bima (pemeran Yorick kecil) dan Ratna Riantiarno (pemeran Mak Encum) dalam satu adegan di film Yorick. Rencananya film tentang anak Panjalu ini akan hadir di bioskop pada 2019 mendatang.*/DOK PR
ARDYAN Bima (pemeran Yorick kecil) dan Ratna Riantiarno (pemeran Mak Encum) dalam satu adegan di film Yorick. Rencananya film tentang anak Panjalu ini akan hadir di bioskop pada 2019 mendatang.*/DOK PR

JAKARTA, (PR).- Kisah seorang anak dari desa kecil di Kecamatan Panjalu, Ciamis, yang mulanya diceritakan dalam novel berjudul “Yorick” (2018) oleh Kirana Kejora, akan muncul di layar lebar pada tahun depan. Mengajak sejumlah pesohor seperti Andryan Bima, Ratna Riantiarno, Epi Kusnandar, Megantara, Nina Kozok, serta penata musik Tya Subyakto, film yang disutradarai oleh Pepi Chappy ini disebut-sebut siap tayang di lima Negara, mulai dari Indonesia, Singapura, Hongkong, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Mengulas sedikit sinopsis dari film ini, “Yorick” bercerita tentang sebuah perjuangan hidup. Dibesarkan oleh neneknya, Mak Encum yang buta huruf dan hidup seadanya, Yorick kecil harus meniti jalan hidup yang keras untuk mencapai kehidupan baik yang dia idamkan. Kemiskinan yang mengakrabi Yorick kecil, tak membuat asanya menjadi manusia hebat sirna.  

“Berkat didikan Mak Encum, Yorick kelak menemukan makna petuah, ‘Apa yang tidak membunuhmu,  membuatmu menjadi kuat’. Kemandirian dan nilai-nilai budi pekerti dari Mak Encum dia pegang dengan teguh," kata Ratna Riantiarno yang berperan sebagai Mak Encum kepada “PR”, Rabu 19 Desember 2018.

Berani hidup jujur, rajin, konsisten, dan pantang menyerah memang menjadi nilai dari film yang diproduseri oleh Dexandra Bayu dan Kin Fathuddin ini. Proses Yorick yang tak mudah selangkah demi selangkah, membuat dia bisa merengkuh kesuksesan kelak.

"Rumusnya sederhana, beberapa kali terjatuh, tak membuatnya patah, apalagi menyerah, justru sebaliknya, semakin menjadikan semangatnya membesar," kata Ratna. 

Hal senada dikatakan Meghantara, yang dilibatkan sebagai pemain kunci, atau berlakon sebagai Yorick. Dia mengaku sangat tersanjung dilibatkan dalam film yang inspiratif ini.

"Yorick diangkat berdasarkan kisah nyata dan saya yang telah berbicara langsung dengan orangnya, menilai kalau dia adalah sosok yang luar biasa.  Karena dia mampu bertarung dengan kehidupan, dengan segala keterbatasannya. Kalau ada orang yang mampu bersahabat dengan badai, ya Yorick," kata Meghantara.

Dia melanjutkan, banyak kehidupan pilu yang harus dilewati sosok Yorick sedari kecil. Yorick the Movie, menurut Meghantara, adalah kisah menginspirasi dari manusia bermental baja yang akan menjadi pembelajaran pembaca novel dan penonton filmnya.

“Film ini dipastikan banyak memberikan pesan. Bahwa semua orang, tanpa terkecuali, layak untuk sukses. Meski memiliki keterbatasan finansial juga fisik sekali pun. Oleh karenanya, karya ini adalah karya inspiratif putra Jawa Barat, yang mengusung motto, ‘keberanian yang akan mengantarkan pada kesuksesan’,” kata dia.

Film yang dikerjakan oleh Nevsky Pictures, rumah produksi dan entertain di Bandung ini tak hanya menghadirkan Yorick dalam film dan novelnya yang lebih dulu terbit. Karena, Yorick juga akan hadir dalam aplikasi yang dapat terkoneksi dalam satu genggaman dengan beragam fitur di dalamnya seperti e-Novel, Music, dan Creative Trade.***

 

Bagikan: