Pikiran Rakyat
USD Jual 14.353,00 Beli 14.053,00 | Cerah berawan, 27 ° C

Sinopsis Milly dan Mamet, Potret Keluarga Muda Masa Kini

Windy Eka Pramudya
Milly dan Mamet.*/DOK Starvision
Milly dan Mamet.*/DOK Starvision

BERMULA dari reuni SMA, Milly (Sissy Prescillia) kembali bertemu dengan Mamet (Dennis Adhiswara). Tanpa syarat, keduanya jatuh cinta. Diawali dari momen-momen nostalgia yang manis, Milly dan Mamet saling menemukan di antara ledekan teman-teman Milly, yakni Cinta (Dian Sastrowardoyo), Karmen (Adinia Wirasti), dan Maura (Titi Kamal).

Milly dan Mamet akhirnya menikah. Mereka dikaruniai Sakti, bayi laki-laki lucu yang mengeratkan keduanya.

Sejak menikah dengan Milly, Mamet bekerja di perusahaan konfeksi milik ayah Milly, Sony (Roy Marten). Bagi Mamet, itu bukan pekerjaan impiannya, karena rencana Mamet sebetulnya menjadi koki dan membuat kafe. Namun, untuk membahagiakan Milly dan Sakti, Mamet rela bekerja sebagai kepala pabrik.

Rutinitas Mamet dan Milly berubah saat Alexandra (Julie Estelle) hadir. Alex adalah sahabat Mamet saat kuliah. Bersama Alex, Mamet pernah bermimpi memiliki kafe yang menyediakan makanan sehat. Di tengah dilema, Mamet terbentur masalah dengan mertuanya karena urusan pabrik. Alhasil, Mamet memutuskan untuk keluar dari pabrik.

Melihat tekad Mamet yang bulat, Milly mendukung keinginan Mamet untuk membuka kafe bersama Alex. Di balik Alex, ada James (Yoshi Sudarso), pacar Alex yang menjadi investor kafe milik Mamet. Kendati awalnya Mamet sempat curiga dengan James, tapi dia menepis prasangka buruknya.

Mulanya, kafe Mamet dan Alex berjalan lancar. Saking suksesnya, sebagai investor, James ingin membuka cabang kafe tersebut. Namun, Mamet mulai menemukan masalah. Apalagi, Milly yang ingin punya kesibukan mulai bekerja di pabrik menggantikan posisi Mamet. 

Puncaknya, situasi rumah tangga Milly dan Mamet yang memburuk. Ditambah lagi, Milly mulai curiga dengan sepak terjang James di dunia usaha dan siapa orang di belakangnya. Mamet juga tidak terima ketika Milly mulai menuduh James dan Alex menjalankan bisnis ilegal.

Akankah Milly dan Mamet berhasil mempertahankan keutuhan rumah tangga mereka? Siapakah sebenarnya James dan Alex? 

Milly dan Mamet.*/DOK Starvision

Penutup tahun yang manis

Tayang mulai Kamis, 20 Desember 2018, Milly & Mamet menjadi spin off dari kisah persahabatan geng Cinta. Dengan tagline film Ini Bukan Cinta & Rangga, film Milly & Mamet memberi angin segar dari Ada Apa Dengan Cinta Universe.

Tak ada yang memungkiri jika film AADC? (2002) menorehkan catatan prestasi di industri film Indonesia. Setelah 14 tahun berlalu pun, sekuel film ini kembali menuai respons positif.

Terbukti AADC? 2 yang dirilis April 2016 sukses meraih 3,6 juta penonton. Hal ini membuktikan bahwa para penonton film Indonesia masih mencintai karakter Cinta, Rangga, Karmen, Maura, Milly, dan Mamet.

Besarnya perhatian terhadap karakter-karakter AADC? membuat produser Mira Lesmana, tertarik untuk memperpanjang napas dua karakternya. Mereka adalah Milly dan Mamet yang pada AADC? 2 dikisahkan menjadi pasangan suami istri.

"Karakter Milly selalu mencuri perhatian dan dicintai banyak orang. Saat di AADC? 2 kami memutuskan membuat Milly dan Mamet menjadi suami dan istri, banyak orang yang antusias. Penggemar AADC? penasaran bagaimana sampai mereka jadian dan seperti apa kehidupan mereka berdua di luar geng Cinta. Akhirnya kami putuskan untuk membuat cerita khusus tentang Milly dan Mamet," tutur Mira.

Tidak ingin setengah-setengah, Mira kemudian bekerja sama dengan Starvision untuk memproduksi film ini. Tongkat penyutradaraan beralih ke tangan Ernest Prakasa. 
Komika sekaligus sutradara ini terbukti mampu menghasilkan film-film yang tidak hanya bagus secara kualitas, tapi juga ditonton jutaan orang, sebut saja Ngenest, Cek Toko Sebelah, dan Susah Sinyal. 

Keputusan Mira untuk menggandeng Ernest cukup tepat. Kepiawaian Ernest untuk meramu kisah drama dengan bumbu komedi teruji baik di Milly & Mamet. Selama 1 jam 40 menit, penonton mendapat tontonan menghibur yang sarat makna.

Ernest yang menulis skenario bersama istrinya Meira Anastasia seperti membawa kehangatan keluarga di ruang bioskop.

Milly dan Mamet.*/DOK Starvision

Melalui Milly & Mamet, Ernest sekali lagi menutup tahun dengan manis. Kendati konflik yang disajikan kali ini kurang tajam jika dibandingkan dengan film-film besutan Ernest sebelumnya, tapi kisah Milly & Mamet cukup mewakili potret keluarga muda masa kini. Cerita yang intim dan dekat dengan keseharian membuat film ini menjadi tontonan yang menghibur.

Lewat akting apik Dennis Adhiswara dan Sissy Prescillia, mereka menghidupkan karakter Milly dan Mamet yang khas. Milly yang polos beradu dengan Mamet yang terlihat culun tapi tegas. Mereka digambarkan siap menghadapi dunia bersama. Chemistry yang kuat dari Dennis dan Sissy meyakinkan penonton kalau mereka adalah pasangan suami istri.

Di antara Dennis dan Sissy, Ernest memasukan sejumlah komika yang memberikan aksen komedi. Sebut saja Aci Resti, Ardit Erwandha, dan Bintang Emon. Yang tak kalah lucu adalah Isyana Sarasvati. Ya, penyanyi ini melakoni debut aktingnya di film Milly & Mamet.

Berperan sebagai Rika, sekretaris James (Yoshi Sudarso), Isyana tampil lepas dan mengundang tawa. Begitu pula dengan Melly Goeslaw yang tampil mengundang tawa.
Dikemas dalam alur cerita yang cukup dinamis, lagu tema Milly & Mamet pun menarik untuk disimak.

Salah satunya adalah nomor Luruh yang dilantunkan Isyana Sarasvati bersama kakaknya, Rara Sekar. Ada pula lagu dari Jaz, Berdua Selalu dan Luluh, serta Sissy Prescillia yang menyanyikan Kita.***

Bagikan: